Alasan Emery Ubah Posisi Xhaka Saat Hadapi Spurs

Football5star.com, Indonesia – Granit Xhaka memainkan peran baru saat Arsenal menghadapi rival sekota, Tottenham Hotspur  di Stadion Emirates saat babak perempat final Piala Liga, Kamis (20/12/2018). Manajer The Gunners, Unai Emery memainkannya sebagai bek tengah pada pertandingan tersebut.

Alasan Unei Emery Ubah Posisi Granit Xhaka Saat Hadapi Spurs
twitter @bbcsport

Sepanjang musim ini Granit Xhaka kerap dimainkan di posisi gelandang. Transfermrkt mencatat dua peran yang sering dimainkan oleh pemain asal Swiss bersama Arsenal itu adalah gelandang murni dan bertahan.

Unai Emery mengakui bahwa ia memasang Granit Xhaka sebagai pemain bertahan mengingat ia harus menyimpan bek andalannya, Laurent Koscielny. Meski di babak kedua pemain yang menjadi Kapten bagi Arsenal tersebut dimainkannya menggantikan Matteo Guendouzi.

“Para pemain membantu kami dengan komitmen mereka. Bermain di posisi yang berbeda karena tim membutuhkan mereka kadang-kadang seperti hari ini. Karena setelah hari Minggu itu banyak menit di lapangan untuk Koscielny bermain hari ini 90 menit,” ucap Unai Emery seperti dikutip Football5star dari Football London, Kamis (20/12/2018).

Selain memainkan Granit Xhaka sebagai bek tengah, Gelandang andalan Arsenal Mesut Oezil juga absen pada pertandingan tersebut. Unai Emery menjelaskan bahwa tak dimainkannya pemain asal Jerman itu karena alasan taktik.

“Pemain yang bersama kami hari ini adalah yang terbaik untuk pertandingan ini. Kami memiliki 24-25 pemain, ada yang bermain, ada yang tidak, keputusan itu diambil untuk taktik tim,” tuturnya.

Di sisi lain Arsenal menelan kekalahan dengan skor 0-2 di laga tersebut. Dua gol Spurs ke gawang The Gunners dicetak oleh Son Heung-min pada menit ke-20 dan Dele Alli (59’)