Alberto Gilardino Kini Tangani Mantan Juara Liga Italia

Football5Star.com, Indonesia – Striker timnas Italia saat menjuarai Piala Dunia 2006, Alberto Gilardino, dipastikan menangani klub yang pernah tujuh kali menjuarai Liga Italia pada masa Prima Categoria sampai Prima Divisione, Pro Vercelli. Kepastian itu diumumkan pada Kamis (11/7/2019).

Bagi Alberto Gilardino, menjadi pelatih Pro Vercelli yang berkiprah di Serie C merupakan kenaikan kelas. Pasalnya, dia musim lalu menangani Rezzato di Serie D. Mantan striker Fiorentina dan AC Milan itu memang sudah mengantongi lisensi UEFA A sehingga dapat menjadi pelatih kepala di klub divisi bawah.

Pada konferensi pers pertamanya, Alberto Gilardino mengatakan, melatih Pro Vercelli tak ubahnya mewujudkan impian masa kecilnya. Dia pun bertekad bekerja sebaik mungkin untuk mengembalikan pamor klub yang pernah tujuh kali juara Serie A tersebut.

“Kesempatan melatih Pro Vercelli adalah sesuatu yang penting. Saat anak-anak pada 1990-an, saya datang menonton pertandingan-pertandingan klub ini bersama ayah saya. Kini, saya ada di sini, di tempat dengan atmosfer dan sejarah berbeda,” kata juara Piala Dunia 2006 itu seperti dikutip Football5Star.com dari La Stampa.

Ikatan emosional itu pula yang membuat pria berumur 37 tahun itu tak berpikir terlalu lama untuk menerima tawaran I Leoni yang berkutat di Serie C sejak musim lalu. Menurut Presiden Massimo Secondo, negosiasi dengan sang mantan striker hanya berlangsung selama setengah jam.

Di mata Secondo, keberhasilan menggaet Alberto Gilardino sebagai pelatih adalah prestasi tersendiri. Dia yakin keberadaan juara dunia di bangku pelatih akan mampu menjadi inspirasi bagi para pemain I Leoni.

Misi utama Alberto Gilardino yang menggantikan Vito Grieco tentu saja mengembalikan Pro Vercelli ke Serie B yang sempat dihuni pada musim 2014-15 hingga 2017-18. Musim lalu, misi itu gagal diwujudkan Grieco. Finis di posisi ke-5, I Leoni masuk babak play-off promosi, tapi kalah pada 8-besar dari Carrarese.

Comments
Loading...