Alessandro Costacurta: Umur 16 Tahun, Lionel Messi Sudah Bikin Kapok

Football5Star.com, Indonesia – Kehebatan Lionel Messi sudah terlihat sejak remaja. Hal itu diungkapkan bek legendaris Italia dan AC Milan, Alessandro Costacurta. Dia mengaku sempat dibuat tak berdaya saat bersua dengan La Pulga yang kala itu baru berumur 16 tahun.

Alessandro Costacurta mengaku sangat terkejut oleh kemampuan Lionel Messi saat kali pertama bersua di lapangan. Karena La Pulga masih bau kencur, bek berpengalaman itu tentu saja menganggap remeh. Namun, dia kemudian menyerah.

“Saya menghadapi Messi ketika dia berumur 16 tahun. Awalnya, saya melihat dia hanya bocah biasa. Namun, seperempat jam kemudian, saya meminta (Carlo) Ancelotti untuk diganti,” kata Alessandro Costacurta kepada Sky Sports seperti dikutip Football5Star.com dari Infobae.

bolavip.com

Laga yang dimaksud Costacurta adalah uji tanding pramusim antara AC Milan dan Barcelona. Kala itu, dia masuk sekitar setengah jam sebelum laga berakhir. Sementara itu, Messi masuk beberapa menit setelahnya. Gara-gara tak mampu meladeni kelincahan La Pulga, dia pun akhirnya menyerah dan minta ditarik dari lapangan.

Kemampuan luar biasa Messi mengingatkan Costacurta kepada legenda Argentina lain, Diego Maradona. Kebetulan, dia juga pernah menghadapi sosok pujaan publik Napoli tersebut.

“Mereka memiliki kemiripan dalam kegeniusan dan cara berekspresi di lapangan. Namun, saya melihat Messi lebih tenang dari Maradona. Saya beruntung dapat melawan keduanya,” ucap Costacurta lagi.

Berdasar pengalaman dan pengamatannya, Costacurta menyebut mustahil bagi pemain mana pun untuk mematikan Lionel Messi sendirian. Siapa pun yang ditugasi melakukan man to man marking terhadap megabintang Barcelona itu dipastikan kewalahan dan semaput.

“Menghentikan Messi dengan penjagaan perorangan adalah hal yang mustahil. Anda hanya dapat menghentikan Messi dengan kolektivitas dan bantuan dari pemain-pemain lain,” kata Alessandro Costacurta yang sekarang berumur 54 tahun.

Alessandro CostacurtaDiego MaradonaLionel Messi