Alessandro Del Piero: Andrea Pirlo Bisa Lebih Hebat dari Zidane

Football5Star.com, Indonesia – Penunjukan Andrea Pirlo sebagai pelatih baru Juventus disambut baik Alessandro Del Piero. Legenda I Bianconeri itu bahkan menilai eks playmaker timnas Italia itu akan dapat melampaui pencapaian Zinedine Zidane yang fenomenal bersama Real Madrid.

Juventus memecat pelatih Maurizio Sarri beberapa jam setelah disingkirkan Olympique Lyon pada babak 16-besar Liga Champions. Sempat dirumorkan mendekati Mauricio Pochettino, Zidane, dan Simone Inzaghi, manajemen I Bianconeri justru berpaling kepada Pirlo.

Itu menjadi kejutan luar biasa bagi banyak orang. Pasalnya, Pirlo tak punya pengalaman sebagai pelatih. Dia pun baru sepeluh hari lalu diumumkan secara resmi sebagai pelatih tim U-23 I Bianconeri. Alessandro Del Piero termasuk salah satu yang terkejut.

“Sejujurnya, saya tak akan bertaruh 1 euro pun (untuk Pirlo jadi pelatih Juventus). Ini juga mengejutkan bagi saya,” kata Del Piero kepada Sky Sport Italia seperti dikutip Football5Star.com dari Tuttomercatoweb.

Lebih lanjut, dia menambahkan, “Saya sudah sangat senang dia jadi pelatih tim u-23 dan menilai itu sebagai jalur yang tepat. Namun, rupanya langkahnya lebih jauh. Saya mendoakan yang terbaik.”

Del Piero tak lupa membahas perbandingan Pirlo dengan Zidane. “Sebetulnya tidak tepat membandingkan mereka. Zizou terlebih dahulu melatih tim B dan sempat jadi asisten (Carlo) Ancelotti. Namun, Pirlo punya kemampuan untuk melakukan hal yang lebih besar dari Zidane,” ujar dia.

Tahu Juventus Luar-Dalam

Optimisme Del Piero terhadap Andrea Pirlo bukan tanpa dasar. Menurut dia, Pirlo sudah punya modal dasar di Juventus. Itu adalah pemahaman terhadap lingkungan, para pemain, dan klub yang akan ditanganinya.

Alessandro Del Piero menilai Andrea Pirlo punya modal apik sebagai pelatih Juventus.
calciomercato.com

Sementara itu, mengenai jalur pintas yang ditempuh Pirlo, Alessandro Del Piero mengaku tak heran. Menurut dia, saat ini eks pemain langsung jadi pelatih kepala memang tengah tren.

“Secara umum, persepsi eks pemain untuk jadi pelatih sudah berubah. Sebelumnya, perlu ‘magang’ dulu, tapi dalam beberapa tahun terakhir kita bisa melihat Filippo dan Simone Inzaghi, lalu (Gennaro) Gattuso,” ucap Del Piero lagi.

Bagi Juventus, mempercayakan tim kepada pelatih tak berpengalaman bukanlah yang pertama. Sebelas musim lalu, tepatnya pada 2009-10, I Bianconeri menunjuk Ciro Ferrara sebagai pengganti Claudio Ranieri. Bedanya, seperti kata Alessandro Del Piero, Ferrara waktu itu punya bekal sebagai asisten Marcello Lippi di timnas Italia.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More