Alfred Riedl: Jangan Kaget Jika Virus Corona Berasal dari Asia

Football5star.com, Indonesia – Mantan pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl mengatakan bahwa ia tak heran jika pandemi corona di dunia saat ini berasal dari kawasan benua Asia.

“Semua virus atau kisah berbahaya lainnya ada di sana dan seharusnya kita tidak terlalu kaget mendengar hal tersebut,” kata Riedl seperti dikutip Football5star.com dari weltfussball, Senin (27/4/2020).

Pernyataan ini memang sedikit provokatif. Namun Riedl menyebut bahwa dirinya mengatakan hal tersebut merujuk pada pengalamannya saat melatih di Indonesia dan Vietnam.

Antara

“Ketika Anda melihat apa yang terjadi di pasar di sana, apa yang dilakukan mereka, seharusnya tidak mengejutkan jika terjadi perpindahan virus dari hewan ke manusia,” tambahnya.

Meski begitu Riedl menyebut bahwa pandemi corona yang belum juga mereda membuat sangat takut. Menurutnya tidak semua negara di dunia bisa siap untuk melawan ini pandemi corona dan efeknya ketika virus bisa dihentikan.

“Tidak ada pernah lagi generasi seperti ini. Kondisi kali ini sangat kejam. Saya membayangkan di Afrika, mereka tidak siap untuk itu. Jika sesuatu terjadi di sana, mereka akan mati. Aku takut,” ucapnya.

“Cukup lama saya di Vietnam dan saya melihat begitu banyak korban meninggal di jalanan karena penyakit atau hal berbahaya lainnya. Itu jauh lebih buruk dan saya tidak ingin berada di sana sekarang,” tambah Riedl.

Saat ini Riedl tinggal di rumahnya di Pottendorf, Austria. Menurutnya ia dan sang istri tak mau keluar rumah jika kondisinya tidak mendesak.

“Saya tidak keluar sendiri, itu resiko yang sangat berbahaya bagi saya. Kadang istri saya yang usianya lebih muda yang berbelanja bersama putra saya,” tutup Riedl.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More