Alisson Teruskan Tradisi Kiper Asing Liverpool

Banner Football Live Star Baru-Football5star Football5Star.com, Indonesia – Perekrutan Alisson Becker dari AS Roma bukan hanya memecahkan rekor kiper termahal dunia. Itu juga mempertegas ketergantungan Liverpool terhadap kiper asing. Faktanya, sejak milenium baru, The Reds tak pernah memiliki kiper utama yang asli Inggris.

Tren mengandalkan kiper asing itu dimulai sejak kedatangan Sander Westerfeld pada 1999-00. Selama dua musim, kiper Belanda itu menjadi andalan The Reds. Berikutnya, selama empat musim, Liverpool mengandalkan kiper berkebangsaan Polandia, Jerzy Dudek.

Musim lalu, Loris Karius dan Simon Mignolet bergantian jadi kiper andalan Liverpool.
zimbio.com

Usai mengantar The Reds juara Liga Champions 2004-05, Dudek tersisih. Posisinya sebagai kiper utama digantikan Pepe Reina yang berasal dari Spanyol. Prestasi apik diperoleh Reina. Dalam tiga musim pertamanya, dia merebut gelar kiper terbaik Premier League. Namun, dia tetap gagal membawa The Reds juara di kasta teratas Inggris itu.

Reina bertahan selama delapan musim sebagai kiper utama Liverpool. Pada musim 2013-14, The Reds harus mencari kiper baru karena sang andalan memutuskan hengkang ke Napoli di Serie A. Pilihan jatuh kepada kiper Sunderland, Simon Mignolet, yang digaet dengan dana 10,6 juta euro.

Kiper asal Belgia tersebut terus menjadi andalan Liverpool hingga musim 2016-17. Posisinya lantas mulai tergeser pada musim 2017-18. Musim itu, Mignolet harus berbagi tempat dengan kiper berkebangsaan Jerman, Loris Karius. Di Premier League, keduanya sama-sama tampil 19 kali.

Akan tetapi, Karius gagal mengambil alih posisi kiper utama The Reds untuk musim 2018-19. Dua blunder fatal di final Liga Champions melawan Real Madrid membuat manajemen The Reds mendatangkan kiper anyar dengan harga mahal, Alisson.


Tahukah Anda?

Sejak era Premier League pada 1992-93, David James adalah satu-satunya kiper Inggris yang jadi andalan Liverpool. Kecuali musim 1993-94, dia selalu jadi kiper dengan jumlah penampilan terbanyak bagi The Reds di Premier League hingga 1998-99.