Analisis Grup E Liga Champions: Pertarungan Raja Kecil

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5Star.com, Indonesia – Bayern Munich bisa bernapas lega ketika undian fase grup Liga Champions usai. Mereka dipastikan terhindar dari pertemuan dengan klub-klub raksasa dari liga-liga atas Eropa. Hanya tiga raja kecil Eropa yang menjadi lawan di Grup E, yakni Benfica dan Ajax Amsterdam yang pernah berjaya pada masa lalu di ajang ini serta AEK Athens, sang jawara Yunani.

Di atas kertas, Bayern seharusnya tak teradang. Kekuatan mereka masih jauh di atas ketiga lawan di Grup E. Hal itu terang-terangan diakui Managing Director Ajax, Edwin van der Sar. “Bayern Munich jelas favorit. Kami hanya akan berebut tempat kedua,” kata dia.

Ajax Amsterdam hanya targetkan runner-up grup.
nos.nl

Kubu Bayern pun merasakan hal yang sama. Namun, pelatih Niko Kovac dan Direktur Olahraga Hasan Salihamidzic tetap mengingatkan agar tak jemawa. “Tak ada lawan mudah di Liga Champions!” tandas Salihamidzic. Kovac menimpali, “Kami tetap butuh penampilan 100 persen untuk lolos.”

Faktanya, Die Roten tak punya rekor apik saat melawat ke kandang Benfica, raja Portugal, dan Ajax, sang raja Belanda. Meskipun tak pernah kalah, mereka hanya meraup hasil imbang dalam tiga lawatan ke Da Luz. Sementara itu, empat lawatan ke kandang Ajax berbuah tiga kekalahan dan sekali imbang.

Khusus menghadapi sang raja Belanda, ada hal yang diwaspadai. Erik ten Hag yang menangani De Godenzonen adalah mantan pelatih tim amatir Die Roten. Otomatis, dia setidaknya tahu kekuatan Die Roten. Secara pribadi, dia punya motivasi khusus melawan mantan klubnya itu.

lalu, siapa yang berpeluang mendampingi Die Roten ke babak 16-besar? Sepertinya persaingan mengarah pada Ajax vs Benfica. AEK Athens, si raja Yunani, tak punya catatan apik menghadapi keduanya.

Menilik jejak di Liga Champions belakangan ini, Benfica lebih berpeluang. Namun, mereka tak punya rekor buruk saat bertemu raja Belanda tersebut. Ini bisa jadi faktor penentu. Mereka wajib menekuk De Godenzonen untuk bisa lolos ke 16-besar dari Grup E.


Prediksi Peringkat Akhir Grup E


1. Bayern Munich
2. Benfica
3. Ajax Amsterdam
4. AEK Athens


Head to Head


Bayern vs Benfica: 5 menang, 3 seri, 0 kalah
Bayern vs Ajax: 3 menang, 2 seri, 3 kalah
Bayern vs AEK: Belum pernah bertemu
Benfica vs Ajax: 1 menang, 1 seri, 3 kalah
Benfica vs AEK: 1 menang, 0 seri, 1 kalah
Ajax vs AEK: 2 menang, 0 seri, 0 kalah

Comments
Loading...