Ancaman Untuk Juventus Dari Luar Kotak Penalti

Juventus akan menjamu AC Milan pada akhir pekan ini. Ada catatan penting yang harus dibekali Gianluigi Buffon dan kawan-kawan sebelum pertandingan tersebut.

Faktanya, pertahanan Si Nyonya tua punya statistik buruk pada musim ini. Mereka menjadi tim yang paling banyak kebobolan dari tembakan luar kotak penalti. Dari 11 gol yang telah bersarang di gawang mereka, enam di antaranya tercipta dari luar kotak penalti. Angka ini lebih parah ketimbang tim-tim lain seperti Atalanta, Frisione, dan lawan yang akan mereka hadapi minggu ini, AC Milan. Tim-tim ini kebobolan lima gol dari luar kotak penalti.

Sebanyak 54 persen gol ke gawang Juventus bersarang lewat sepakan jarak jauh. Sementara persentase Atalanta hanya 35 persen, AC Milan 31 persen, dan Frosinone 28 persen. Artinya, tiap dua gol yang bersarang di gawang Juventus, salah satunya tercipta dari luar kotak penalti.

Hingga pekan ke-12, Juventus masih terseok-seok di papan tengah klasemen Serie-A. Mereka berada di posisi ke-7 dengan raihan 18 poin. Paul Pogba dkk tertinggal dua poin dari Milan.

Statistik Juventus pada musim ini memang terasa aneh. Pada musim lalu, Juventus hanya kebobolan 24 gol hingga kompetisi berakhir. Total, hanya empat di antaranya bersarang dari tendangan luar kotak penalti.

Kejayaan Juventus musim lalu sepertinya runtuh setelah ditinggal sejumlah pemain bintang. Carlos Tevez pulang ke negaranya, Argentina guna tampil bersama Boca Juniors. Arturo Vidal pindah ke Bayern Muenchen, dan Andrea Pirlo pindah ke Major League Soccer (MLS) guna bermain bersama New York FC.

Juventus sempat kelimpungan pada awal musim. Bahkan, La Vecchia Signora sempat berada di papan bawah klasemen. Namun secara perlahan, Juventus bangkit hingga akhirnya bisa bertengger di posisi ketujuh klasemen sementara Serie-A.

AC MilanJuventusJuventus vs AC Milan