Andai Persipura Mundur, Slotnya di AFC Cup 2021 Tak Bisa Digantikan

Football5Star.com, Indonesia – Andai Persipura Jayapura mundur dari ajang AFC Cup 2021, slotnya ternyata tak bisa digantikan klub lain. Hal tersebut tercantum dalam buku aturan resmi yang diterbitkan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Seperti diketahui, Persipura sebenarnya ditunjuk mewakili Indonesia pada AFC Cup 2021 menggantikan Persija Jakarta. Mereka berhak ke sana setelah menjadi tim peringkat ketiga pada Liga 1 2019.

Akan tetapi, belakangan tim berjuluk Mutiara Hitam itu sudah resmi dibubarkan. Kondisi itu terpaksa dilakukan karena salah satu sponsor, yakni Bank Papua, tak mau membayarkan sisa kontrak yaitu Rp 5 Miliar. Mereka pun akhirnya bubarkan seluruh skuat. Nah, bagaimana dengan nasib Persipura di AFC Cup 2021?

RESMI Bali United dan Persija Jadi Wakil Indonesia di AFC Cup 2021

Kabarnya, andai tak juga mendapatkan suntikan sponsor, Persipura mungkin mundur pada ajang tersebut. Bila hal demikian terjadi, ternyata slot dari Persipura tak bisa digantikan. Hal itu tertulis dalam Entry Manual for AFC Club Competition 2021. Dalam Pasal 9.11, tertulis penjelasan mengenai hal tersebut.

“Jika klub yang memenuhi syarat untuk tampil di kejuaraan klub AFC, punya lisensi, dan lolos kriteria keolahragaan, slot yang dialokasikan Asosiasi Member (dalam hal ini PSSI) akan dibatalkan. Apakah itu slot untuk tampil langsung atau slot tak langsung (kualifikasi),” tulis aturan tersebut.

Ketum Persipura, Benhur Tomi Mano, sebelumnya memang menyayangkan pembubaran ini. “Kami sangat sayangkan situasi ini, padahal kita punya kesempatan untuk berlaga di AFC CUP 2021, karena tidak mungkin kita paksakan tim berjalan tanpa membayar gaji pemain, pelatih dan ofisial,” kata Benhur dalam rilis resminya.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More