Andai Zidane Dipecat, Raul Gonzalez Layak jadi Pengganti

Football5star.com, Indonesia – Kekalahan Real Madrid 1-2 dari tim Divisi Tiga Spanyol di Piala Raja Spanyol, Kamis (22/1/2021) memunculkan rumor tak sedap. Zinédine Zidane terancam akan dipecat oleh manajemen Real Madrid.

Zidane sendiri usai pertandingan merespon dengan tenang terkait rumor tersebut. Pelatih asal Prancis itu pun menyebut bahwa hasil buruk itu ialah tanggung jawabnya sebagai pelatih.

“Saya pikir itu tanggung jawab saya sebagai pelatih. Ini sepak bola. Anda harus memanfaatkan peluang Anda. Bola tidak ingin masuk dan sekarang kami tersingkir,” jelas Zidane seperti dikutip Football5star.com dari Marca, Jumat (21/1/2021).

SB Nation

Meski Zidane tetap tenang di kondisi yang kurang menguntungkan bagi kariernya tersebut, publik mulai ramai memperbincangkan siapa kandidat yang cocok untuk gantikan Zidane?

Salah satu nama yang muncul ke permukaan ialah pelatih River Plate, Marcelo Gallardo. Gallardo saat ini menjadi salah satu pelatih terbaik yang dimiliki Argentina. Ia dua kali menyabet penghargaan Pelatih Terbaik Amerika Latih pada 2018 dan 2019.

Namun Gallardo belum memiliki pengalaman melatih di klub luar Argentina. Untuk tim sebesar Madrid, tentu hal itu akan jadi masalah. Apalagi di posisi Madrid yang saat ini terbilang belum stabil.

Kandidat yang layak untuk gantikan Zidane di situasi Madrid saat ini ialah Raul Gonzalez. Pelatih Real Madrid Castilla ini memiliki rekam jejak dan kemampuan yang cocok untuk gantikan Zidane.

Kemampuan Raul sebagai pelatih

Raul mampu memproduksi pemain-pemain muda berbakat di Castilla. Sejumlah pemain muda didikan Raul bahkan sudah mulai masuk ke dalam tim inti Zidane Sergio Arribas Calvo dan Marvin Park. Perjalanan Castilla di musim ini pun cukup apik.

Ada keyakinan besar dari publik Madrid bahwa anak asuh Raul bisa meraih tiket promosi. Skuat Castilla juga diisi sejumlah talenta berbakat, seperti Sergio Arribas Calvo, Sergio Santos, Antonio Blanco, Ivan Morante, Marvin Park dan Carlos Dotor.

Dua anak Raul juga sempat masuk ke 60 daftar Next Generation 2020 versi The Guardian, yakni Bruno Iglesias dan Israel Salazar.

Iglesias memang belum masuk ke dalam skuat besutan Raul Gonzalez. Ia masih bermain di level U-19. Namun belakangan, pemain kelahiran Salamanca ini mulai mengikuti latihan bersama tim Castilla. Menurut sejumlah media di Spanyol, Iglesias ialah mutiara untuk Madrid di masa depan.

Tidak hanya Iglesias dan Salazar yang dalam 6 sampai 7 tahun bisa jadi tumpuan Madrid. El Real pun memiliki Sergio Arribas. Ia jadi nama terdepan di antara pemain muda Madrid lainnya yang dianggap akan segara jadi generasi emas bersama Vinicius Junior, Rodrygo dan Reinier.

Yang perlu diingat juga, saat ini Madrid memiliki pemain muda Martin Odegaard, Fede Valverde dan Andriy Lunin. Dengan kemampuan Raul melatih Castilla, bukan tidak mungkin ketiga pemain tersebut akan bisa lebih optimal.

Kemampuan Raul untuk membina pemain muda di La Fabrica membuat Madrid disebut-sebut tengah membangun proyek baru bernama ‘Baby Los Galaticos’.

Liga Spanyolraul gonzalezReal MadridZinedine Zidane