Andi Darussalam Tabusalla: Indra Sjafri itu Siapa, Sih?

Football5Star.com, Indonesia – Ribut-ribut antara Indra Sjafri dan Shin Tae-yong akhirnya dikomentari oleh Andi Darussalam Tabusalla. Eks manajer Timnas Indonesia itu meyebut kalau sebenarnya permasalahan ini tak usah dibesar-besarkan.

Nama Indra Sjafri memang disebut-sebut terlibat dalam perseteruan itu. Hal tersebut setelah awalnya Shin menyindir pelatih yang membawa Timnas U-19 dan Timnas U-22 Indonesia juara Piala AFF itu melalui media Korea Selatan.

Beberapa waktu lalu, gantian Indra Sjafri yang membalas sindiran Shin Tae-yong bahkan melalui website resmi PSSI. DIa dengan tegas membantah mangkir hingga ikut campur dalam pemilihan pelatih.

“Buat apa (ribut-ribut)? Indra Sjafri itu siapa sih? Gak boleh seperti itu. Indra kan ditunjuk Asisten, dia pergi dengan alasan apapun juga tak benar meninggalkan tim,” ungkap Andi Darussalam Tabusalla kepada Football5Star.com.

Shin Tae-yong Bahas Ratu Tisha Dipecat dan Sindir Indra Sjafri Football5Star.com - Indonesia, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, membahas pemecatan Ratu Tisha oleh PSSI dan jua menyindir Indra Sjafri. Hal itu saat dia diwawancarai oleh salah satu media di Korea Selatan. Seperti diketahui, PSSI memang memecat Ratu Tisha beberapa waktu lalu usai disindir dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Komisi X DPR RI. Hal ini memang sempat menjadi perbincangan publik. "Pejabat dan pengambil kebijakan Asosiasi Sepak Bola Indonesia sering berubah. Sekretaris Jenderal (Ratu) Tisha yang populer di kalangan penggemar karena kemampuannya, tiba-tiba dipecat pada bulan April," ungkap Shin Tae-yong kepada Joins. Dia jua menyindir soal Indra Sjafri. Hubungan Shin Tae-yong dan Indra Sjafri memang meregang beberapa waktu lalu. Hal itu setelah Timnas U-19 Indonesia usai menjalani pemusatan latihan di Thailand. Indra sendiri sudah tak lagi menjabat sebagai asisten Tae-yong dan kini duduk sebagai Direktur Teknik PSSI. "PSSI senang menerima pelatih lokal. Namun, setelah pelatihan di Thailand, pelatih lokal pulang tanpa sambutan dari bandara. Keesokan harinya, ketika saya mengakui kesalahan saya di pertemuan itu, saya mencoba menerimanya," papar dia. Shin Tae-yong tak menampik sempat ada masalah dengan Indra Sjafri. Tetapi, ketika kembali ke Indonesia dia sudah menemui eks pelatih Timnas U-19 Indonesia itu. Namun, dia malah jadi disalahkan. "Dia bertanya kepada saya apa yang saya lakukan salah. Seorang kepala asosiasi sepak bola dari seorang perwira polisi berpangkat tinggi meminta saya untuk menelepon (Indra Sjafri). Sang pelatih meninggalkan kantor dua bulan kemudian dan menjadi Direktur Teknis dari Asosiasi Sepak Bola," papar Tae-yong.

Seharusnya, masalah ribut-ribut ini jangan sampai dipanas-panasi pihak tak bertanggung jawab. Buat dia, biarkan saja PSSI yang menyelesaikan. Nantinya seksi hukum PSSI yang mengerti kontrak harusnya yang bicara.

“Masalah Shin Tae-yong segala macam, seksi hukum PSSI yang mengerti soal kontrak di dalamnya, apa saja yang dibicarakan Komisi Hukum, nanti Komisi Hukum nilai cacat atau tidak, cederai perjanjian gak? Dialah yang melakukan kajian,” papar pria yang dijuluki Godfather Sepak Bola Indonesia itu.

“Sebelum tanda tangan kontrak, komisi hukum periksa semuaya kan. Sebagai pelatih kepala, dia (Shin Tae-yong) akan memilih asistennya, walau dari lokal akan bilang, yang mana, akan dilihat dahulu,” pungkas Andi Darussalam Tabusalla.