Andrea Pirlo Belum Punya Lisensi UEFA Pro, Kok Bisa Latih Juventus?

Football5Star.com, Indonesia – Juventus secara mengejutkan menunjuk Andrea Pirlo sebagai pelatih tim utama musim depan. Penunjukkan itu dilakukan setelah satu minggu dia ditunjuk sebagai pelatih Juventus U-23. Yang membuat hal ini lebih mengagetkan adalah, Pirlo sebenarnya belum bisa melatih tim utama Juventus.

Menurut Football5Star.com dari talkSPORT, Pirlo saat ini memegang lisensi UEFA A, yang mana lisensi itu mengizinkan Pirlo untuk melatih tim divisi tiga Italia atau menjadi asisten pelatih tim divisi di atasnya. Itulah kenapa Pirlo awalnya ditunjuk sebagai pelatih Juventus U-23 karena mereka saat ini bermain di Serie C.

tuttosport

Tapi, Pirlo masih belum memiliki lisensi UEFA Pro, yang mana lisensi itu mengizinkannya untuk melatih tim divisi teratas Italia. Jadi bagaimana Pirlo bisa jadi pelatih Juventus?

Saat ini Andrea Pirlo sedang melaksanakan kursus untuk mendapatkan lisensi itu, di Coverciano. Sambil menunggu thesisnya selesai pada Oktober, asisten Pirlo, Roberto Baronio, akan bertanggung jawab atas segala tugas birokrasi untuk saat ini. Jadi di atas kertas, Pirlo akan bertugas sebagai asisten pelatih dan Baronio sebagai pelatihnya.

Karena hal itulah banyak yang meragukan keputusan Juventus untuk memberi Pirlo jabatan untuk menjadi pelatih tim utama seminggu setelah dia ditunjuk menjadi pelatih U-23. Bukan hanya Pirlo tak punya pengalaman untuk menjadi pelatih, Pirlo bahkan belum punya kualifikasi untuk menjadi pelatih tim utama.

Andrea PirloJuventus