“Anfield Iron” Sang Legenda Liverpool Tutup Usia

Football5star.com, Indonesia – Legenda Liverpool, Tommy Smith, tutup usia pada usia 74 tahun, Jumat (12/4/2019). Sejak Oktober 2014, Smith didiagnoas mengalami demensia dan menderita beberapa penyakit lain.

Smith membela Liverpool selama 18 tahun. Atas dedikasinya bagi The Reds, para suporter menjuluki dia “Anfield Iron”.

Lahir di Liverpool pada 5 April 1945, dia mencatatkan 638 penampilan bersama The Reds dalam berbagai kompetisi. Dia mencetak 48 gol dan sempat menjadi kapten selama tiga musim.

Bersama The Reds, Tommy Smith memenangi sejumlah trofi bergengsi. Empat trofi Liga Inggris, satu trofi European Cup dan dua trofi Piala UEFA merupakan beberapa prestasi yang dia capai bersama klub asal Merseyside tersebut.

“Ayah saya meninggal dengan sangat tenang dalam tidurnya pada pukul 04.30 sore di rumah perawatan Green Heyes, Park Road, Waterloo, Crosby. Saya sedang dalam perjalanan untuk mengunjunginya. Dia meninggal beberapa menit sebelum saya tiba,” tutur putri Tommy Smith, Janette Simpson, seperti dilansir laman resmi Liverpool.

“Dia semakin melemah dan menderita berbagai penyakit, terutama dalam tiga bulan terakhir. Kami semua tentu merasa hancur. Ibu saya meninggal empat tahun lalu. Kematian ibu saya membuat ayah sangat terpukul, dan setelah itu, penyakitnya membuat kami kian cemas,” imbuhnya.

tommy smith liverpool
Tommy Smith (Foto: liverpoolfc.com)
Ungkapan belasungkawa atas wafatnya Tommy Smith datang dari berbagai pihak, terutama para pemain yang pernah berseragam Liverpool.

“Ada banyak legenda dan pemain hebat dalam sejarah Liverpool. Namun, saat bicara soal legenda dan tidak peduli apa yang terjadi sebelum dan setelahnya, tidak akan pernah ada lagi yang seperti Tommy Smith,” ujar eks bek The Reds, Jamie Carragher.

“Itu sungguh menyedihkan. Tommy Smith adalah pelayan yang fantastis bagi Liverpool Football Club,” kata eks pemain dan manajer The Reds, Kenny Dalglish.

Mantan rekan setim Carragher, Michael Owen turut mengutarakan rasa duka atas kepergian Smith. “Menyedihkan mendengar pemain @LFC Tommy Smith meninggal pada usia 74 tahun hari ini. R.I.P. pemain legenda dan momen legendaris,” ungkapnya melalui akun Twitter pribadinya.

Comments
Loading...