Ansu Fati Kena Serangan Rasial, Frederic Kanoute Marah Besar

Football5star.com, Indonesia – Mantan striker Sevilla, Frederic Kanoute ungkapkan rasa marahnya kepada Salvador Sostres, seorang kolumnis di Spanyol. Sostres jadi sorotan setelah menurunkan artikel tentang Ansu Fati.

Namun dalam artikelnya tersebut, Sostres dianggap melakukan serangan rasial kepada bintang Barcelona tersebut. Di salah satu paragraph artikelnya, Sostres menggunakan istilah ejekan rasial kepada Fati.

“Lari Ansu seperti gazelle. Ia seorang mantero hitam yang masih sangat muda yang tiba-tiba Anda lihat tengah berlari di sepanjang Paseo de Gracia saat seseorang berteriak ‘air,air,” tulis Sostres, Selasa (27/10/2020).

Mantero dalam istilah orang Amerika Latin, utamanya di Kolombia adalah orang matador. Istilah ini kerap digunakan bangsa kolonial Spanyol untuk mendiskreditkan suku Indian.

Tulisan dari Sostres ini pun dikomentari Kanoute sebagai bentuk serangan rasial kepada Ansu Fati.

“Apakah orang ini serius? Hitam = gazelle atau mantero yang kabur? Dan apakah tidak konsekuensi dengan menulis sampah rasis seperti ini,” tulis Kanoute di akun Twitter pribadinya.

Tidak hanya Kanoute, rekan Ansu Fati, Antoine Griezmann juga mengutarakan ketidaksukaan kepada tulisan Sostres. Menurut pemain asal Prancis tersebut, Fati adalah pemain muda berbakat yang layak dihormati.

“Ansu adalah anak luar biasa yang pantas dihormati seperti manusia pada umumnya. Tidak ada rasisme di sepak bola. Ini sangat kasar,” kicau Griezmann.

Ansu FatiBarcelonaFrederic KanouteLaLiga