APPI Minta Aturan Gaji 50 Persen Pemain Liga 1 Diperjelas

Football5Star.com, Indonesia – Asosiasi Pesepak bola Profesional Indonesia (APPI) meminta PSSI memperjelas aturan gaji pemain Liga 1 sebesar 50 persen.. Jangan sampai ada salah tafsir dalam penerapan aturan itu.

Dalam SKEP/53/VI/2020, memang tertulis patokan soal gaji pemain untuk klub-klub Liga 1 2020 saat liga dilanjutkan. Di sana menyebutkan klub Liga 1 dan Liga 2 memang dibolehkan melakukan renegosiasi soal gaji kepada pelatih dan pemain dengan kisaran 50-60 persen.

Nantinya aturan itu akan berlaku sebulan sebelum kompetisi dimulai sampai dengan berakhir. Nah terkait kisaran gaji pemainitu, APPI meminta PSSI untuk menjelaskannya secara rinci.

“APPI akan mendisusikannya. Kalau yang kami minta ada kata-kata minimalnya supaya ada ruang untuk negosiasi dengan para pemain, yang memang merasa bahwa angka 50 persen itu tidak sesuai dengan apa yang mereka terima, khususnya untuk pemain asing,” ujar Kuasa Hukum APPI, Mohammad Agus Riza Hufaida, saat dihubungi wartawan.

Andai Belum Jua Bayar Gaji, Kalteng Putra Bakal Dibawa ke FIFA APPI Minta Aturan Gaji 50 Persen Pemain Liga 1 Diperjelas

“Kami masih akan diskusikan apakah akan menerima 50 persen atau tetap meminta pembayaran penuh sebab kami hanya mengakomodir kebutuhan pemain,” sambung dia.

Kalau merujuk dari kompetisi di negara lain, kata dia, potongan gajinya hanya 25 persen. Kalau merujuk dari aturan PSSI yang hanya memberi gaji pemain 50-60 persen akan susah dipastikan besarannya.

“Kisaran itu tidak menjelaskan angka minimal yang harus dibayar klub. Memang sudah ditetapkan sekurang-kurangnya di atas UMR, tetapi angka minimalnya tetap belum dijelaskan,” pungkas dia.