Arema FC Siap Sambut Bonekmania di Kanjuruhan

Football5star.com, Indonesia – Buntut dari insiden yang menewaskan Haringga Sirila di GBLA, seluruh perwakilan klub berbenah soal peraturan laga tandang. Baru-baru ini bahkan ada wacana untuk mendatangkan Bonekmania ke Stadion Kanjuruhan secara terbuka.

Wacana tersebut disampaikan oleh Haruna Soemitro selaku perwakilan 18 klub peserta Liga 1 ketika menyerahkan sumbangan ke keluarga mendiang Haringga. Manajer Madura United tersebut mengatakan, ke depannya harus ada regulasi jelas soal supporter tandang.

“Kejadian seperti ini harus diakhiri. Untuk ke depannya, harus ada kejelasan soal supporter dari tim tamu untuk datang, terutama di pertandingan krusial. Jadi, fokus pihak keamanan tidak hanya mengamankan tim tuan rumah saja,” katanya.

Pria asal Jawa Timur tersebut menjelaskan, selama ini jatuhnya korban jiwa merupakan akibat luputnya pengamanan bagi penonton tamu. Sehingga, tidak ada jaminan jelas bagi penonton yang ingin menyaksikan tim kesayangannya bertanding di kandang lawan.

“Contohnya pertandingan Persib dan Persija ini. Kalau dilarang datang, justru akan memunculkan rasa bangga bagi yang dilarang, seperti Haringga ini. Dia datang dan mengunggah karena ada larangan,” lanjut Haruna.

Bonekmania - Kanjuruhan - Liga 1
emosijiwaku.com

“Kami akan usahakan bertahap untuk ke depannya. Dalam waktu dekat, rencananya ada Bonek yang nanti ke Malang. Kami minta polisi untuk menjaga, jadi kalau ada yang mengintimidasi mereka, bisa langsung ditindak,” katanya lagi.

Sementara itu, manajer Arema FC, Rudi Widodo, mengaku terbuka atas usulan ini. Pihaknya mengusahakan wacana tersebut bisa terwujud demi terciptanya situasi kondusif antarsupporter meski terbalut rivalitas lama antara Bonekmania dan Aremania.

Jika mengacu kepada regulasi ada 5 persen. Tapi, sebagai tahapan awal mungkin bisa 2,5 persen, atau tidak mengacu ke situ. Mungkin bisa 50 orang dulu atau berapa dicoba. Kami siap,soal nanti Bonekania mau apa tidak,” pungkas Rudi.

Comments
Loading...