Arif Wicaksono Tawarkan Konsep Sister Club

Arif Putra Wicaksono sudah mendeklarasikan siap maju di pemilihan calon ketua umu PSSI periode mendatang. Pemilik dari promotor olahraga NineSport itu pun memaparkan pendapatnya soal masalah sepak bola dalam negeri. Salah satu yang menjadi perhatian besarnya adalah masalah lisensi klub di Indonesia.

Menurutnya, salah satu masalah mendasar yang membuat perkembangan sepak bola dalam negeri mandek adalah penguatan lisensi. Arif mengatakan praktek yang selama ini berkembang harus sudah mulai ditinggalkan.

“Masalah mendasar yang membuat sepak bola kita tidak maju-maju hingga sekarang adalah masalah lisensi klub. Memang FIFA memberi kelonggaran untuk negara-negara dunia ketiga terkait hal ini. Tetapi yang terjadi di kita justru jadi celah untuk masalah baru,” tuturnya ketika ditemui di Jakarta, Senin (12/8) siang.

Arief Putra Wicaksono - PSSI - football5star

Soal lisensi, Arif punya ide untuk semakin menguatkan brand klub-klub yang di Indonesia. Tujuannya adalah agar klub-klub bisa secara mandiri mengembangkan kualitas mereka.

“Saya punya ide untuk memakai konsep sister club. Nanti misalnya Ajax bekerja sama dengan Persija, nanti dari Ajax bisa kirim tenaga ahli mereka untuk membantu Persija. Jadi kita bisa belakar bagaimana pengembangan lisensi sepak bola tanah air,” tuturnya.

“Dari sana nanti dibentuk posisi-posisi lain seperti direktur teknik untuk mengurasi pemain-pemain berkualitas untuk masuk. Kemudian juga ada  general manajer, yang menyangkut pengelolaan klub secara efektif,” lanjutnya.

Comments
Loading...