Arsenal dan Chelsea Buat Inggris Ulangi Kisah 47 Tahun Silam

Football5Star.com, Indonesia – Keberhasilan Arsenal dan Chelsea lolos ke final Liga Europa memiliki catatan tersendiri bagi sepak bola Inggris. Itu adalah kali kedua terjadi all English final ‘final sesama tim Inggris’ di ajang yang dulunya bernama Piala UEFA tersebut.

Kepastian Arsenal dan Chelsea bersua pada final Liga Europa mengulang kisah 47 tahun silam. Pada musim 1971-72, kali pertama Piala UEFA digelar sebagai pengganti Piala Fairs, tercipta all English final. Kala itu, Tottenham Hotspur bersua Wolverhampton Wanderers.

Tottenham Hotspur vs Wolverhampton Wanderers adalah all English final pertama sebelum Arsenal dan Chelsea bersua di final Liga Europa musim ini.
soccerscan.com

Pada final sesama tim Inggris pertama tersebut, Tottenham akhirnya berhasil menjadi pemenang. Tim yang kala itu diasuh Bill Nicholson berhasil menang 2-1 pada leg I final di Stadion Molineux. Dua gol The Lilywhites dicetak oleh Martin Chivers, sedangkan gol Wolves dijaringkan Jim McCalliog.

Kepastian juara didapatkan di kandang sendiri, Stadion White Hart Lane, pada leg II final. Tottenham berhasil meraih hasil imbang 1-1. Kali ini, gol Spurs dicetak oleh Allan Mullery, sedangkan gol Wolves dibuat oleh Dave Wegstaffe.

Pertemuan Tottenham Hotspur vs Wolverhampton Wanderers tersebut jadi all English final pertama pada kancah antarklub Eropa. Setelah itu, Inggris harus menunggu 36 tahun untuk kembali menempatkan dua wakil di final antarklub Eropa. Hal itu terwujud ketika Manchester United dan Chelsea tampil di final Liga Champions 2007-08.

Kini, 11 tahun setelah Manchester United vs Chelsea itu, kembali tercipta all English final. Tak tanggung-tanggung, hal tersebut tercipta di dua ajang sekaligus. Liverpool dan Tottenham bersua di final Liga Champions, sedangkan Arsenal dan Chelsea bertemu di final Liga Europa.

Comments
Loading...