Arsenal Ingin Samai Juara Piala FA Tiga Kali Beruntun Milik Blackburn

Arsenal akan memulai upaya mempertahankan trofi Piala FA dengan menjamu Sunderland di Putaran Ketiga, Sabtu (9/1). The Gunners tetap serius memandang laga ini karena berambisi mengejar catatan istimewa Blackburn Rovers.

Hingga kini, Blackburn menjadi satu-satunya tim yang mampu menjuarai Piala FA dalam tiga kesempatan berturut-turut. Namun, hal itu sudah lama sekali berlalu. Balackburn melakukannya pada musim 1883-84 hingga musim 1985-86. Sejak saat itu, belum ada tim yang mampu menyamai prestasi The Rovers.

Pada musim ini, Arsenal yang berkesempatan untuk menyamai prestasi Blackburn. Usai menjuarai Piala FA 2013-14 dan 2014-15, mereka bisa meraih hat-trick juara pada musim ini.

Manajer Arsene Wenger mengakui pihaknya sangat berambisi menyamai prestasi Blackburn. Namun, dia malah memilih bersikap merendah karena menilai laga melawan Sunderland bakal sulit dilalui.

“Tiga kali beruntun (menjuarai Piala FA, Red.) akan hebat, namun laga tersulit justru di Putaran Ketiga,” ujar Wenger. “Ketika sudah memulai kompetisi, para pemain perlahan-lahan bakal terbiasa menjalaninya. Namun, pertandingan pertama selalu bakal terasa sulit untuk dijalani.”

Piala FA memang sering menghadirkan kejutan. Tim-tim kuat mendadak bisa direpotkan oleh tim yang kualitasnya ada di bawahnya. Contoh terantar adalah kemampuan Exeter City menahan seri Liverpool di ajang yang sama sehari sebelumnya.

Akan tetapi, Wenger sejatinya tidak perlu gusar. Arsenal terbilang memiliki tradisi apik di Piala FA. Mereka cenderung selalu mampu melalui laga perdana Piala FA dengan baik. Kekalahan terakhir mereka di fase tersebut terjadi pada 1995-96 ketika disingkirkan oleh Sheffield United pada Putaran Pertama.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More