Arsenal ke Semifinal, Unai Emery Lanjutkan Tradisi di Liga Europa

Football5Star.com, Indonesia – Arsenal berhasil lolos ke semifinal Liga Europa setelah menang agregat 3-0 atas Napoli pada perempat final. Keberhasilan itu meneruskan tradisi apik sang manajer, Unai Emery, di ajang yang kerap dipandang sebelah mata tersebut.

Keberhasilan Arsenal pada musim ini membuat manajer asal Spanyol itu tak pernah gagal menembus semifinal dalam lima musim terakhir partisipasinya di Liga Europa. Sebelumnya, dia sekali menembus babak ini bersama Valencia dan tiga kali bersama Sevilla.

Keberhasilan Arsenal lolos ke semifinal meneruskan tradisi apik Unai Emery di Liga Europa.
standard.co.uk

Kali terakhir Unai Emery gagal membawa timnya lolos ke semifinal Liga Europa pada 2009-10. Kala itu, Valencia yang ditanganinya terhenti pada babak perempat final. Atletico Madrid menghentikan mereka berkat keunggulan gol tandang karena agregat 2-2 dalam dua pertemuan. Musim sebelumnya, Atletico pula yang menghentikan tim asuhannya itu pada babak 32-besar ajang yang kala itu masih bernama Piala UEFA.

Hal yang patut ditunggu, tentu saja kelanjutan tradisi yang lebih baik lagi. Itu adalah tradisi juara yang diraih Unai Emery dalam tiga kesempatan terakhir. Bersama Sevilla, pelatih yang pernah menangani Paris Saint-Germain itu meraih gelar juara pada musim 2013-14, 2014-15, dan 2015-16.

Secara keseluruhan, unai Emery punya rekor bagus. Hingga kemenangan 1-0 Arsenal atas Napoli pada leg II perempat final Liga Europa 2018-19, Jumat (17/4/2019) dini hari WIB, dia telah melakoni 81 laga. Dari jumlah itu, sebanyak 46 laga atau 56,8 persen berhasil dimenangi. Sisanya, 24 kali imbang dan sebelas kali kalah.

Comments
Loading...