Arsenal Selangkah Lagi Gaet Gelandang Muda Basel

Mohamed Elneny makin dekat untuk memperkuat tim Arsenal. Dilaporkan oleh Guardian, gelandang berusia 23 tahun yang masih memperkuat klub Swiss, FC Basel, itu telah melalui tes medis untuk bergabung dengan The Gunners.

Nilai transfer Elneny disebutkan mencapai 10 juta Euro atau setara Rp14,9 miliar. Namun, Elneny tidak bisa begitu saja bermain di Inggris ketika transfernya disepakati. Ia harus melalui dulu tahapan lulus izin kerja dari otoritas Inggris untuk melengkapi proses kepindahannya.

Elneny, yang memperkuat Basel sejak 2013 silam, diincar Arsenal untuk menutupi ruang kosong yang ditinggal Francis Coquelin dan Santi Cazorla. Seperti diketahui, kedua pemain ini mengalami cedera panjang sehingga sang manajer Arsene Wenger harus putar otak mencari penggantinya.

Tentang persoalan izin kerja, Elneny terlihat akan sulit mendapatkannya karena Mesir saat ini berada di luar 50-besar peringkat FIFA.

Tak hanya itu, di bawah aturan baru yang diterapkan otoritas sepak bola Inggris, FA, pada akhir musim lalu para pemain di luar zona ekonomi Eropa, non-EEA, harus memenuhi persentase minimal membela timnas dalam 24 bulan terakhir selain negaranya harus berada di zona 50-besar FIFA.

Mesir saat ini berada di peringkat ke-57 FIFA. Peringkat itu tak akan mampu memenuhi syarat dari daftar prestasi negara yang diterapkan FA. Namun, dengan tak pernah absennya Elneny di setiap pertandingan kompetitif Mesir dalam dua tahun terakhir, tampaknya ada dispensasi khusus bagi izin dirinya bermain di Inggris.

Elneny yang bermain sebagai gelandang sentral itu telah mencetak dua gol dari 16 penampilan bersama Basel di Liga Swiss.

Comments
Loading...