Arsitek Stadion Genoa dan Sampdoria Meninggal Karena Virus Corona

Football5Star.com, Indonesia – Arsitek legendaris Italia, Vittorio Gregotti, dinyatakan meninggal karena virus corona. Dia terkenal karena mendesain Stadion Luigi Ferraris di Kota Genoa.

Gregotti dinyatakan meninggal pada usia 92 tahun karena Pneumonia yang diakibatkan oleh virus COVID-19 di rumah sakit di kota Milan.

Istrinya, Marina Mazza juga sedang dirawat di rumah sakit yang sama juga karena virus corona.

Vittorio Gregotti dikenal sebagai arsitektur Italia terbaik di era modern. Dari beberapa hasil desain-nya, salah satu yang paling terkenal adalah Stadion Luigi Ferraris, stadion yang dipakai oleh Genoa dan Sampdoria.

Arsitek Stadion Genoa dan Sampdoria Meninggal Karena Virus Corona
Flipboard

Dia mendesain menara dan tribun untuk Piala Dunia 1990 yang pada saat itu diadakan di Italia.

Selain Marassi (sebutan untuk Stadion Luigi Ferraris), Gregotti juga mendesain Barcelona Olympic Stadium yang digunakan untuk Olimpiade Barcelona di tahun 1992, Belem Cultural Center di Lisbon, Teater Arcimboldi Opera di Milan dan beberapa kampus di Italia. Salah satunya Universitas Calabria di wilayah Cosenza, Italia.

Selain di Eropa, dia juga mendesain Pujiang New Town di Shanghai, Tiongkok. Kota itu memang memakai tema arsitektur Italia sebagai desainnya.

Stadio Comunale Luigi Ferraris, atau Marassi, merupakan markas dari dua klub Serie A, Genoa dan Sampdoria. Nama stadion ini diambil dari nama pesepakbola sekaligus tentara Italia yang meninggal pada perang dunia pertama.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More