5 Rekor Liga Spanyol Musim 2018-19

Football5star.com, Indonesia – LaLiga telah menyelesaikan seluruh rangkaian pertandingannya. Barcelona berhasil melewati 38 pertandingan lebih baik dibandingkan lawan-lawannya dan kembali menjadi juara dengan 94 poin.

Berakhirnya kompetisi kasta tertinggi Spanyol tersebut menyisakan sejumlah rekor, baik individu mau pun kolektif. Beberapa catatan manis ditorehkan oleh nama yang sudah familiar, namun ada pula nama kejutan yang muncul ke permukaan.

Berikut 5 Rekor Liga Spanyol Musim 2018-19

Lionel Messi Jadi Pemain Tersubur
Penyerang asal Argentina ini seperti tidak punya lawan sepadan seiring kepergian Cristiano Ronaldo ke Juventus di awal musim. Total, Messi mengemas 36 gol dari 34 penampilannya untuk Barcelona musim ini. Dengan rataan 1,029 gol setiap pertandingannya.

twitter.com/FCBarcelona

Sembilan gol di antaranya ditorehkan lewat catatan tiga ­hat-trick, yakni saat melawan Levante, Sevilla, dan Real Betis. Dari 34 penampilan, ada 11 laga yang ia lewati tanpa mencetak gol. Sepanjang musim, hanya empat kali ia absen memperkuat Barca di LaLiga. Dua pertandingan ia lewatkan karena cedera lengan, satu pertandingan diistirahatkan, dan satu lagi tidak dibawa dalam laga tandang.

Soufiane Boufal Si Raja Gocek
Boufal menjadi perusak catatan sempurna Messi musim ini. Pemain yang dipinjamkan Southampton ke Celta Vigo ini menjadi pemain dengan dribel sukses melewati lawan. Squawka merilis, pemain asal Maroko tersebut mencatatkan 144 kali take-ins. Unggul 10 kali lebih banyak dibandingkan Messi.

Sofiane Biufal - Celta Vigo - LaLiga - Football5star
twitter: @TvnewsAfrica

Penampilan itu cukup untuk membawa Celta Vigo selamat dari terkaman degradasi. Anak asuh Fran Escriba finis empat angka di atas peringkat ke-18 yang menjadi titik teratas zona merah. Bagi Celta, hasil musim ini adalah yang terburuk selama lima musim terakhir.

Jarak Poin Terbesar Barcelona – Real Madrid
LaLiga tanpa el clasico ibarat sayur tanpa garam. Musim ini jadi suguhan laga klasik paling tidak menghibur selama lima musim terakhir. Barcelona bisa meraih kemenangan back-to-back melawan Real Madrid dalam satu musim.

Vinicius Junior - Real Madrid - Lionel Messi - El Clasico - @MundoCracksFL
@MundoCracksFL

Kondisi ini disebabkan oleh perencanaan yang buruk oleh Real Madrid di awal musim. Ketika Zinedine Zidane sempat mengundurkan diri, tim ibu kota dengan sembrono menunjuk Julen Lopetegui dan Santiago Solari secara beruntun sebagai pengganti. Hasilnya, jarak 12 poin dari Barcelona menjadi yang terburuk sepanjang era LaLiga.

Lionel Messi Samai Rekor Telmo Zara
Torehan manis Lionel Messi tidak hanya sampai sebagai pemain tersubur musim ini. Gelar Pichici musim ini sekaligus meyamani rekor milik legenda Athletic Bilbao, Telmo Zara yang melakukannya enam kali. Sebelumnya, Messi meraih predikat serupa pada 2010, 2012,2013, 2017,dan 2018.

Tim Sherwood - Lionel Messi - Barcelona - Liga Champions - Football5star
zimbio.com

Dari enam kali, musim ini jadi catatan kedua terburuk bagi Messi. Jumlah 36 gol miliknya hanya lebih baik dari pencapaiannya musim lalu  dan 2010 yang berhasil mengemas 34 gol. Sementara sebelumnya, ia mencetak 50 gol pada 2012 dan 46 musim berikutnya.

Real Betis Ulangi Rekor 16 Tahun
Tidak banyak yang bisa mengalahkan Barcelona dan Real Madrid dalam kurun waktu satu musim. Namun, catatan itu berhasil dilakukan Real Betis musim ini. Prestasi ini membuat Betis mengulang yang dilakukan Real Mallorca saat melakukannya pada 2003 lalu. Artinya, selama 16 tahun tidak ada satu pun tim yang berhasil melakukannya.

Real Madrid - Real Betis - Football5star
twitter: @RealBetis_en

Baru-baru ini, anak asuh Quique Setien membuat Madrid bertekuk lutut di Santiago Bernabeu dua gol tanpa balas.Sebelumnya pada November 2018 lalu, Barcelona terlebih dahulu dibuat tertunduk di Camp Nou. Pemainan Sergio Canales dkk membuat Barca kelimpungan dan kalah dengan skor 3-4. Bahkan, saat itu tim tuan rumah harus kehilangan Ivan Rakitic karena dikartu merah.

Comments
Loading...