AS Roma Jadi Lawan Perdana Tim Sepak Bola Wanita Vatikan

Football5star.com, Indonesia – Negara kota Vatikan resmi memiliki tim sepak bola wanita. Tim sepak bola wanita Vatikan akan jalani laga perdana melawan klub Liga Italia, AS Roma pada 26 Mei 2019.

“Paus Francis memberikan dukungan agar pesepak bola wanita di Vatikan memiliki tim sendiri” kata Danilo Zennaro, perwakilan olahraga Vatikan seperti dikutip football5star.com dari theguardian, Rabu (15/5/2019).

“Kami telah memiliki tim sepak bola laki-laki selama 48 tahun sehingga tepat rasanya jika kami juga memiliki tim sepak bola wanita,” ucap Zennaro.

Nantinya tim sepak bola wanita Vatikan akan dilatih oleh Susan Volpini, sekretaris keuskupan. Setelah melakoni pertandingan perdana melawan AS Roma, tim ini nantinya akan diikutsertakan pada turnamen internasional yang berlangsung di Wina, Austria, Juni 2019.

AS Roma Jadi Lawan Perdana Tim Sepak Bola Wanita Vatikan
theguardian.com

Zennaro mengatakan bahwa apapun hasil pertandingan nanti melawan AS Roma, pihak Keuskupan akan terus memberikan dukungan penuh pada tim sepak bola wanita.

“Bahkan jika mereka kalah 30-0, itu tidak masalah,” kata Zennaro.

“Yang terpenting ialah para wanita mendapat kesempatan untuk menjadi seorang pesepak bola profesional. Menang atau kalah adalah hal biasa dalam pertandingan,” tambah Zennaro.

Catatan sejarah seperti dilansir dari thesefootballtimes.co menyebut bahwa pertandingan sepakbola pertama yang berlangsung di Vatikan terjadi pada 07 Januari 1521. Pertandingan ini sendiri bahkan dihadiri oleh pemimpin umat Katolik saat itu, Paus Leo XI. 

Keberadaan Vatikan sebagai pusat umat Katolik sempat mengalami gesekan dengan olahraga sepakbola. Pasalnya saat itu, mayoritas masyarakat Romawi lebih senang menyaksikan olahraga Gladiator. 

Comments
Loading...