AS Roma Raup Hampir Rp 1,6 Triliun Dari Liga Champions

Football Live Star
Football5star.com, Indonesia – AS Roma meraih pendapatan besar dari perjalanan panjang mereka dalam ajang Liga Chammpions musim 2017-2018. Klub berjulukan Giallorossi tersebut mangontongi uang senilai hampir 100 juta euro (sekitar Rp 1,672 triliun) meskipun hanya mencapai semifinal.

Klub ibu kota Italia tersebut gagal mencapai final yang akan berlangsung di Kiev, Ukraina, 26 Mei 2018. Langkah mereka dihentikan Liverpool pada babak semifinal sehingga The Reds, julukan Liverpool, yang berhak menghadapi Real Madrid selaku juara bertahan, pada partai puncak.

Meskipun demikian, perjalanan AS Roma terbilang impresif. Mereka mengungguli Chelsea dan Atletico Madrid pada fase penyisihan grup, kemudian menyingkirkan Shakhtar Donetsk dan Barcelona dalam babak knock-out.

Pasukan Serigala Roma ini pun nyaris melanjutkan kejutan ketika melawan Liverpool pada babak empat besar. Kalah 2-5 pada leg pertama di Anfield, AS Roma sempat membuat kubu Liverpool ketar-ketir karena mereka bisa meraih kemenangan 4-2 pada leg kedua di Olimpico. Sayang, hasil tersebut tak cukup untuk membawa AS Roma ke final karena kalah agregat 6-7.

Menurut Calcio e Finanza, AS Roma akan memperoleh pendapatan 81 juta euro (sekitar Rp 1,354 triliun) dari UEFA. Nominal tersebut merupakan akumulasi dari bonus dan market share selama perjuangan mereka dalam kompetisi kasta tertinggi di Eropa.

Liverpool, AS Roma, Federico Fazio, Football5star

Selain itu, AS Roma juga meraup keuntungan 18,2 juta euro (sekitar Rp 304,420 miliar) dari hasil penjualan tiket untuk pertandingan kandang. Jika diakumulasi, AS Roma memperoleh 99,2 juta euro.

Dengan demikian, untuk kali pertama sejak 2012-13, Juventus tidak berada di posisi teratas daftar klub-klub Italia dengan penghasilan tertinggi di Eropa.

Bianconeri lebih dulu tersingkir pada babak perempat final karena kalah dari Real Madrid, sehingga mereka “hanya” memperoleh 77,8 juta euro (sekitar Rp 1,301 triliun) plus 14 juta euro (sekitar Rp 234,189 miliar) dari penjualan tiket. Total, Si Nyonya Besar memperoleh 91,8 juta euro.

Comments are closed.