Asamoah Gyan Tinggalkan Timnas Ghana Gara-Gara Ban Kapten

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Ghana dipastikan tak diperkuat Asamoah Gyan pada perhelatan Piala Afrika 2019 di Mesir, Juni nanti. Gara-garanya, pelatih Kwesi Appiah tak lagi menjadikan dirinya sebagai kapten tim.

Penyerang yang kini membela Kayserispor itu merasa tersinggung oleh putusan Appiah. Hal itu secara jelas diungkapkan dalam surat pernyataan resmi yang dibuat pada Senin (20/5/2019). Atas dasar itu, dia pun menyatakan menarik diri dari timnas Ghana.

“Jika putusan pelatih adalah memberikan ban kapten untuk turnamen nanti kepada pemain lain sementara aku disertakan di dalam tim, aku meminta untuk menyelamatkan diriku dari turnamen,” ucap Asamoah Gyan dalam pernyataannya seperti dikutip Football5Star.com dari GhanaWeb.

View this post on Instagram

“ Thank you Ghana , Am eternally grateful 🙏”

A post shared by Asamoah Gyan (@asamoah_gyan3) on

Tak hanya itu, striker berumur 33 tahun tersebut bahkan menyatakan pensiun secara permanen. Dia menyatakan, putusan itu telah dipertimbangkan masak-masak dengan banyak pihak. “Aku melakukan konsultasi dengan keluarga dan tim,” kata dia. “Aku meminta pensiun dari tim nasional secara permanen.”

Asamoah Gyan menandaskan, dirinya tetap siap mengabdi bagi Ghana, tapi dalam kapasitas lain. “Aku akan terus mengabdi kepada negaraku, Ghana, dalam usaha lain sebagai pebisnis melalui berbagai investasi,” tutur sang striker lagi.

Menurut Kweku Obeng, orang yang dekat dengan Asamoah Gyan, putusan mundur dari timnas Ghana itu merupakan bentuk protes. Sang striker merasa kesal atas ketidakterbukaan pelatih Kwesi Appiah.

Menurut Obeng, ada kabar yang menyatakan ban kapten dicopot setelah sang pelatih mendapat saran dari seorang dukun yang menyatakan hanya Andre Ayew yang dapat memimpin The Black Stars ke puncak kejayaan. Namun, saat ditanya, Appiah berkelit dengan mengatakan hal itu dilakukan karena ada tekanan yang sangat besar.

Asamoah Gyan menjalani debut bersama timnas Ghana pada 2003. Saat itu, dia baru berumur 17 tahun. Sepanjang kiprahnya, dia tampil 106 kali untuk The Black Stars dengan torehan 51 gol.

Comments
Loading...