Asosiasi Sepak Bola Belarus: Corona Belum Bikin Krisis, Liga Masih Bisa Jalan

Football5star.com, Indonesia – Federasi sepak bola Belarus memiliki alasan khusus mengapa kompetisi di negara pecahan Uni Soviet tersebut tetap berlangsung di tengah pandemi corona.

Dikutip Football5star.com dari Marca, Minggu (5/4/2020) sekjen federasi sepak bola Belarus, Sergei Zhardetski mengatakan bahwa kompetisi di Belarus tetap berlangsung karena mereka memiliki data kesehatan soal penyebaran corona di negara tersebut.

“Kami membuat keputusan untuk terus bermain berdasarkan data yang diberikan kepada kami setiap hari oleh kementerian kesehatan dan kementerian olahraga,” kata Zhardetski.

PSSI-nya Belarus: Corona Belum Bikin Kritis, Liga Masih Bisa Jalan
assets.com

Menurut Zhardetski, situasi penyebaran virus corona di setiap negara berbeda-beda. Karenanya Belarus tak mengikuti saran dari WHO ataupun UEFA soal penghentian kompetisi sepak bola di tengah pandemi corona.

“Situasi COVID-19 di setiap negara berbeda-beda. UEFA pun memberikan kebijakan soal kompetisi terserah dengan kebijakan negara masing-masing. Kami meneruskan kompetisi karena berdasarkan situasi yang tak sama dengan negara lain,” tambah Zhardetski.

Zhardetski pun membantah bahwa Liga Belarus tetap berlangsung semata-mata dikarenakan faktor ekonomi. Menurut Zhardetski, hal tersebut semata karena situasi Belarus terkait pandemi corona tak separah dengan negara lain.

“Kami tidak membuat kebijakan ini semata karena alasan komersial atau ekonomi. Ada alasan lain seperti disebutkan di atas dan kami sangat senang jika hal tersebut berdampak positif untuk sepak bola dunia,” ucapnya.

Otoritas sepak bola Belarus sendiri menurut Zhardetski juga memperhatikan langkah-langkah terhindar dari penyebaran virus corona selama pertandingan. Salah satunya dengan pengecekan suhu dan penyemprotan cairan desinfektan.

“Dari pihak kami sudah mengambil langkah untuk pemain dan penggemar di stadion dengan pengecekan suhu dan memberikan cairan desinfektan,” tambahnya.

Sebagai informasi, Belarus juga termasuk negara di dunia yang terpapar virus corona. Data terbaru menyebutkan bahwa ada 350 kasus positif COVID-19 di negara tersebut.

“Situasi di negara ini belum kritis karenanya kompetisi tetap berlangsung,” tutup Zhardetski.