Asosiasi Wasit Sarankan Wasit Liga Inggris Abaikan VAR

Football5star.com, Indonesia – Asosiasi Wasit Inggris, PGMOL menyarankan para wasit yang bertugas di Liga Inggris untuk mengabaikan VAR. Hal ini untuk menghindari intervensi berlebih dari teknologi pada sepak bola.

Dikutip dari Daily Mail, saran dari asosiasi wasit Inggris ini diapresiasi oleh mantan wasit Mark Clattenburg. Ia mencontohkan keputusan dari wasit Andre Marriner saat memipin laga Man City vs Bournemouth.

“Kekhawatiran utama adalah wasit di lapangan tak memiliki kesempatan lebih untuk memutuskan dari sudut pandang subjketifnya sebagai pengadil,” kata Clatteburg.

Wasit Roddy Zambrano dikabarkan telah mengabaikan saran petugas VAR dalam dua insiden pada laga Brasil vs Argentina.

Clattenburg memahami jika asosiasi wasit Inggris lebih memilih untuk mengabaikan VAR pada insiden-insiden tertentu. Karena menurutnya memperlampat permainan karena melihat VAR justru lebih mengkhawatirkan.

“Mereka punya alasan untuk tidak menginginkan ini. Tentu saja ada kekhawatiran karena nantinya pertandingan jadi tertunda cukup lama,” ucap Clattenburg.

Saran dari asosiasi wasit Inggris bukan dimaksudkan untuk menentang penggunaan VAR. Menurut PGMOL, jika terjadi insiden yang terjadi dan wasit memiliki penglihatan lebih, maka keputusan bijaknya ialah tidak meliaht VAR.

Penggunaan VAR hingga pekan ketiga Liga Inggris musim ini memang lebih banyak hadirkan cerita tak mengenakkan. Sejumlah klub merasa penggunaan VAR justru hadirkan keputusan kontroversial.

Sejumlah pelatih klub yang merasa dirugikan juga buka suara untuk penggunaan VAR ditinjau ulang kembali. Hal sama juga disuarakan oleh pemain seperti Harry Kane.