Atalanta Atasi Roma Berkat “Bantuan” Barcelona

Secara mengejutkan Atalanta mengalahkan AS Roma 2-0, Minggu (29/11) malam, di pekan ke-14 Liga Italia. Kekalahan ini melengkapi pekan yang buruk bagi Roma. Sebelumnya di Liga Champions pada tengah pekan ini, I Giallorossi kalah telak 1-6 dari Barcelona.

Pelatih Atalanta, Edy Reja, menyatakan bahwa kekalahan Roma dari Barcelona berperan dalam kemenangan timnya. Reja menyebut anak asuhnya sukses memanfaatkan periode negatif yang tengah dirasakan Roma. Selain kalah dari Barcelona, pekan sebelumnya Roma juga hanya bermain imbang 2-2 dengan Bologna.

“Setelah laga kontra Bologna dan Barcelona, situasi menjadi tidak mudah bagi mereka. Kami melakukan hal yang tepat dengan memanfaatkan tren negatif Roma. Kami bermain bagus,” kata Reja usai pertandingan.

“Terutama di babak pertama, kami bermain rapat dan menyerang dengan baik. Kami telah menyiapkan hal itu. Kami mampu mengatasi semua pemain lawan. Kami tampil lebih baik dari Roma. Secara fisik, mereka tampak kurang tangguh dan kami sukses mengekspolitasinya,” sambung mantan pelatih Lazio tersebut.

Secara psikologis, kekalahan telak dari Barcelona memang memukul mental pemain-pemain Roma sehingga gagal tampil baik kala melawan Atalanta. Hal yang mirip sempat terjadi pada musim lalu.

Ketika itu, Roma jua sempat kalah telak di Liga Champions saat dipermalukan Bayern Muenchen 1-7. Setelah hasil itu, Francesco Totti dkk pun tak langsung bisa kembali ke perfoma terbaiknya dan ditahan imbang Sampdoria tanpa gol.

AS RomaAtalantaBarcelonaEdy RejaLiga ChampionsLiga Italia