Atalanta Perparah Krisis Roma

Football5Star.com, Indonesia – AS Roma belum bisa keluar dari rangkaian hasil buruk yang dituai pada akhir 2017. Di kandang sendiri, I Giallorossi tumbang 1-2 dari Atalanta, Minggu (7/1/2018) dinihari WIB. Dua gol kemenangan Atalanta dicetak Andreas Cornelius pada menit ke-14 dan Marten De Roon, lima menit kemudian. Adapun gol balasan Roma dijaringkan Edin Dzeko pada menit ke-56.

Petaka Roma diawali kesalahan Maxime Gonalons yang kehilangan bola di lini tengah. Sebuah serangan cepat nan sederhana dilancarkan Atalanta pada menit ke-14. Dengan cerdas, Josip Ilicic memberikan umpan terobosan kepada Cornelius yang ergerak di rusuk kanan pertahanan tuan rumah. Meskipun dari sudut sempit dan dibayangi Federico Fazio, dia masih bisa menempatkan bola ke tiang jauh tanpa bisa ditahan kiper Alisson Becker.

AS ROma kalah di kandang sendiri dari Atalanta.
tuttomercatoweb.com

Lima menit berselang, tim tamu menggandakan keunggulan lewat tendangan De Roon yang menyambut umpan cut back Alejandro Gomez. Gol ini menunjukkan konsentrasi para penggawa lini belakang tuan rumah yang kacau. Mereka tak bisa merebut bola saat Gomez sempat terjatuh di dekat garis gawang sebelum melepaskan umpan cut back yang lantas disambar De Roon dan sempat mengenai kaki Konstantinos Manolas.

Tertinggal dua gol, I Gaillorossi meningkatkan serangan jelang babak pertama usai. Sebuah serangan balik pada menit ke-40 nyaris berbuah gol balasan. Sayang, tendangan terukur Dezko ke tiang jauh masing melebar. Lalu, pada menit terakhir, akselerasi aleksandar Kolarov berbuah kartu kuning kedua bagi De Roon.

Akan tetapi, meskipun unggul jumlah pemain pada babak kedua, tuan rumah tak bisa tampil dominan dan membalikkan keadaan. Sebuah gol dari Dzeko lewat skema serangan balik pada menit ke-56 tak bisa ditambah hingga laga usai. Penguasaan bola yang mencapai 67 persen tak berarti banyak bagi anak-anak asuh Euebio Di Francesco karena penyelsaian akhir yang tak bagus. Tercatat empat kali kiper lawan, Etrit Berisha, berhasil menggagalkan tendangan para penggawa I Giallorossi yang mengarah ke gawangnya.

Kekalahan itu membuat Roma keluar dari 4-besar. Di classifica, mereka disalip rival sekota, Lazio, yang menang 5-2 atas SPAL. Kedua klub hanya terpaut satu poin. Gli Aquilotti mengoleksi 40 poin, sedmentara I Giallorossi memiliki koleksi 39 poin.

Susunan Pemain:

AS Roma (4-3-3): 1-Alisson Becker, 24-Alessandro Florenzi (25-Bruno Peres 83), 44-Konstantinos Manolas, 20-Federico Fazio, 11-Aleksandar Kolarov, 7-Lorenzo Pellegrini (14-Patrik Schick 51), 21-Maxime Gonalons, 6-Kevin Strootman (17-Cengiz Under 76) 92-Stephan El Shaarawy, 9-Edin Dzeko, 8-Diego Perotti
Pelatih: Eusebio Di Francesco

Atalanta (3-4-1-2): 1-Etrit Berisha, 3-Rafael Toloi, 13-Mattia Caldara, 6-Jose Luis Palomino, 33-Hans Hateboer, 15-Marten De Roon, 11-Remo Freuler, 37-Leonardo Spinazzola, 72-Josip Ilicic (4-Bryan Cristante 46), 9-Andreas Cornelius (29-Andrea Petagna 61), 10-Alejandro Gomez (5-Andrea Masiello 69)
Pelatih: Gian Piero Gasperini

K. Kuning: Fazio 90 – De Roon 28, Caldara 30
K. Merah: De Roon 45