Atalanta vs PSG: Les Parisiens Dihantui Satu Rekor Buruk

Football5Star.com, Indonesia – Perempat final Liga Champions 2019-20 akan dibuka oleh laga Atalanta vs PSG. Menilik materi pemain dan pengalaman di ajang ini, Les Parisiens tentu saja lebih difavoritkan untuk lolos ke semifinal. Namun, ada satu handicap besar yang dimiliki tim asuhan Thomas Tuchel.

Handicap besar Les Parisiens dalam laga Atalanta vs PSG itu adalah rekor buruk setiap kali menghadapi klub-klub Italia. Secara keseluruhan, klub raksasa Prancis itu telah 20 kali melawan wakil Italia. Hasilnya, mereka hanya mampu meraup 2 kemenangan. Sisanya, 9 kali imbang dan 9 kali pula kalah.

Hal yang harus diperhatian Tuchel, PSG tak pernah menang dalam 8 kesempatan terakhir melawan klub Italia. Pada Piala Super Eropa 1997, Les Parisiens dua kali kalah saat bersua Juventus pada Piala Super Eropa 1997. Mereka dibantai 1-6 di kandang sendiri dan kalah 1-3 pada lawatan ke Italia.

Getty Images

Empat tahun berselang, Les Parisiens tergabung bersama AC Milan pada fase grup kedua Liga Champions. Dalam dua pertemuan, mereka hanya menuai hasil imbang 1-1.

Pada tahun yang sama, PSG bersua Brescia pada final Piala Intertoto. Les Parisiens lagi-lagi hanya menuai dua hasil imbang, yakni 0-0 di Parc des Princes dan 1-1 di Mario Rigamonti. Namun, mereka menang agresivitas gol tandang dan lolos ke Piala UEFA.

Dua Kali Ditahan Napoli

the24.ie

Terakhir, pada musim lalu, PSG segrup dengan Napoli pada pentas Liga Champions. Hasilnya, mereka kembali hanya menuai hasil imbang dalam dua pertemuan. Di kandang sendiri, Les Parisiens meraih hasil imbang 2-2 berkat gol Angel Di Maria pada injury time. Sementara itu, di San Paolo, mereka imbang 1-1 gara-gara kebobolan penalti Lorenzo Insigne pada menit ke-63.

Kemenangan terakhir atas klub Italia diraih PSG pada 21 Maret 1996. Melakoni laga leg II babak perempat final Piala Winners, mereka menang 3-1 atas Parma. Tiga gol Les Parisiens berasal dari brace penalti Rai Oliveira dan satu gol Patrice Loko. Sementara itu, gol balasan I Gialloblu dijaringkan Alessandro Melli.

Catatan negatif itu jadi handicap bagi anak-anak asuh Thomas Tuchel dalam laga Atalanta vs PSG. Bagaimanapun, hal tersebut potensial jadi semacam mental block bagi Neymar cs. Apalagi, sang lawan justru belum kalah saat menghadapi klub Prancis. Pada Liga Europa 2017-18, La Dea menang 1-0 dan imbang 1-1 dengan Olympique Lyon.

AtalantaLiga ChampionsParis Saint-Germain