Bek Persib Ini Beberkan Atmosfer Sepak Bola Indonesia ke Media Belanda

Football5Star.com, Indonesia – Bek Persib Bandung, Nick Kuipers menjelaskan atmosfer sepak bola Indonesia kepada sebuah media di Belanda. Kuipers menjelaskan itu setelah beberapa bulan berada di Indonesia.

Nick Kuipers datang ke Persib Bandung dari tim divisi teratas Liga Belanda, Ado Den Haag pada bursa transfer Liga 1 2019 pada Agustus 2019 lalu. Ia pun telah memainkan 4 pertandingan bersama Maung Bandung di musim ini.

Pemain berusia 26 tahun itu pun menjelaskan atmosfer sepak bola Indonesia berdasarkan pengalamannya selama ia bermain. Ia memaparkan bahwa kepindahannya ke Indonesia adalah sebuah pengalaman dan petualangan besar yang sangat berbeda dengan Belanda.

“Ini benar-benar pengalaman, satu petualangan besar. Semuanya berbeda dari di Belanda. Sepak bola, kehidupan, budaya, Anda secara harfiah dan kiasan seperti melangkah ke dunia lain,” ujar Nick seperti dikutip Football5Star.com dari media Belanda omroepwest.nl.

“Sepak bola jauh lebih hidup di sini daripada di Belanda. Itulah perbedaan terbesar bagi saya. Levelnya lebih rendah, tetapi pengalamannya jauh lebih besar, ” sambungnya.

Atmosfer Sepak Bola Indonesia Dijelaskan Bek Persib Nick Kuipers ke Media Belanda
Persib.co.id

Sambutan ketika away

Ia pun menceritakan ketika baru pertama kali datang ke Bandung. Meski belum resmi bermain bersama tim Persib di liga, ia telah banyak dikenal oleh bobotoh dan masyarakat di Bandung.

“Ketika saya tiba di sini di Bandung, itu adalah kota yang gila. Orang-orang sudah mengenal saya bahkan sebelum saya bermain dengan baju Persib selama satu menit. Juga di kompetisi selalu semarak. Persib Bandung adalah klub besar di Indonesia dan memiliki pendukung di mana-mana,” jelas Nick.

Nick Kuipers pun menceritakan pengalamannya pada saat laga tandang Persib Bandung. Meski laga yang jauh dari Bandung sekalipun, ia terkejut melihat banyaknya bobotoh yang menyambut tim Maung Bandung ketika berlaga di sana.

“Ketika kami tiba di stadion dalam pertandingan tandang, orang-orang sesaat sebelum itu, ratusan orang menerima kami di bandara. Ke mana pun kami pergi, stadion setengah penuh dengan pendukung kami. Ini sangat fantastis,” ceritanya.

“Orang-orang disini hidup untuk sepak bola. Semua orang mengenal Anda. Bahkan saat aku pergi makan malam. Semua orang ingin difoto. Orang-orang berjalan-jalan di sini dengan kaus sepak bola sepanjang hari. Sepak bola adalah cara hidup,” pungkas Kuipers.