Aturan Baru Yang Membuat Gol Lingard Ke Gawang Wolfsburg Dianulir

Kekalahan Manchester United atas Wolfsburg masih menyisakan cerita. Gol Jesse Lingard yang dianulir wasit pada akhir babak pertama tetap menjadi polemik. Namun, mantan wasit Premier league, Graham Poll membenarkan putusan sang pengadil.

Lingard mencetak gol pada menit-45 dalam laga Wolfsburg versus Man. United. Namun, wasit Milorad Mazic menganulir gol tersebut. Dia melihat pemain Man. United, Juan Mata berada dalam posisi offside sebelum gol tercipta. Alhasil, di mata Mazic, gol Lingard tidak sah.

Putusan Mazic dinilai oleh Poll tepat. Dikatakannya, aturan baru membuat Mata berada dalam posisi offside.

“Intepretasi aturan baru offside mesti dibayar mahal oleh Manchester United yang menyamakan kedudukan sebelum babak pertama dalam laga melawan Wolfsburg di Liga Champions di Volkswagen Arena. Pemain dianggap berada di dalam posisi offside jika bergerak menuju bola meskipun tidak menyentuh bola sama sekali. Putusan itu tepat, tapi sepertinya terpengaruh oleh para pemain Wolfsburg,” tulis Poll di Daily Mail.

Saat itu, wasit tidak langsung mengambil sikap atas gol Lingard. Dia berkonsultasi dengan hakim garis sebelum memutuskan membatalkan gol yang tercipta.

Menurut Poll, jika terjadi pada musim lalu, gol Lingard bakal disahkan. Pada musim sebelumnya pemain tetap tidak dianggap berada di dalam posisi offside jika tidak menyentuh bola meski berusaha mendekati bola dalam posisi offside.

Man. United pantas menyesali putusan wasit. Sebab, jika disahkan, mereka bakal mengakhiri babak pertama dengan skor 2-2. Hal itu membuat hasil pertandingan bisa berakhir berbeda.

Comments
Loading...