Australia akan Ramaikan Piala AFF 2020

Football5star.com, Indonesia – Ajang Piala AFF 2020 mendatang dipastikan makin semarak dengan ikut sertanya Timnas Australia. Negeri Kangguru ini akhirnya memutuskan ikut kejuaraan Antarnegara Asia Tenggara ini pada edisi selanjutnya.

Australia sejatinya sudah menjadi bagian dari AFF pada 2013 lalu. Tapi mereka dilarang berpartisipasi di Piala AFF karena adanya perbedaan kualitas pemain yang cukup mencolok.

Akan tetapi, dengan makin meningkatnya standar tim-tim Asia Tenggara membuat AFF akhirnya memperbolehkan The Soccerroos mengikuti turnamen yang sebelumnya bernama PIala Tiger ini untuk edisi selanjutnya.

Piala AFF (football5star.com)
@AFFSuzukiCup

Bergabungnya Aaron Mooy dkk di Piala AFF 2020 disambut baik oleh ketua Federasi sepak bolanya, David Gallop. “Ini bagian dari evolusi kami yang berhubungan dengan ASEAN dan sekarang kami melihat Piala AFF terlalu kuat bagi kami,” katanya seperti dilansir Fox Sport Asia, Kamis (31/1/2019).

“Saat ini banyak negara-negara yang meningkatkan kekuatan permainan mereka dan mempertimbangkan kemampuan Australia untuk menjadi kunci pasar hak komersialnya,” sambung Gallop.

Di sisi lain, bergabungnya Australia di PIala AFF tahun depan sudah dirundingkan pemerintah federal dengan Departemen Luar Negeri dan Perdagangan agar mendukung tim nasionalnya berlaga di kejuaraan antarnegara ASEAN ini.

Sementara itu, dari segi geografis, Australia sejatinya berada di Benua Australia. Selama puluhan tahun pula mereka selalu mengikuti kualifikasi Piala Dunia melalui konfederasi Oceania (OFC). Baru pada 2006 mereka keluar dari OFC dan bergabung ke konfederasi Asia (AFC).

Comments
Loading...