Bagi Allegri, Sepak Bola Adalah Seni, Bukan Ilmu Pasti

Football5star.com, Indonesia – Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri menjawab kritik dari banyak pihak mengenai gaya permainan pragmatisnya. Ia mengatakan gaya permainannya merupakan bentuk dari seni sepak bola.

Permainan Juventus kembali mendapat cemooh dari berbagai kalangan ketika mereka bermain imbang 1-1 melawan Torino. Media-media di Italia mengatakan skema Allegri di Stadion Allianz Arena sangat monoton.

Mendapat tanggapan seperti itu, sang pelatih pun memberi penjelasan. Baginya sepak bola bukanlah ilmu pasti yang membuat klub besar selalu superior melawan klub kecil. Dirinya pun memberi contoh beberapa klub yang mampu menang melalui permainan taktis kendati lawan lebih menguasai pertanidngan.

allegri tak masalah ronaldo absen lawan genoa (dailyadvent)
dailyadvent.com

“Sepak bola bukanlah ilmu pasti. Anda bisa bisa menjelaskan kenapa kami punya 38  persen penguasaan bola melawan Real Madrid dan bisa menang 3-1. Lawan Ajax kami sangat mendominasi penguasaan bola tapi kami kalah. Saya tidak ingin pelatih baru berkembang dengan pikiran berdasarkan angka,” kata Allegri kepada Sky Sport Italia, Sabtu (4/5/2019).

“Saya mengerti ada model dan tren tersendiri dalam sepak bola. Ada beberapa pelatih yang hanya memikirkan kemenangan, ada pula beberapa pemain yang menang dan itu jadi bukti sepak bola bukan ilmu pasti, sepak bola adalah seni. Apa yang dilakukan Messi dan Ronaldo di lapangan adalah seni,” sambungnya.

Terkait kritik yang dilontarkan padanya, mantan pelatih AC Milan ini tidak terlalu mempermasalahkan itu. “Memang banyak yang mengkritik saya, tapi saya selalu percaya kita harus menyaktikan semua yang sudah diajarkan. Kami pelatih hanya menempatkan pemain dalam kondisi terbaiknya,” tutup Allegri.