Bahasa Indonesia Yeyen Tumena jadi Sorotan Media Malaysia

Football5star.com, Indonesia – Penggunaan bahasa Indonesia pelatih sementara timnas Indonesia Yeyen Tumena saat menggelar konfrensi press jelang pertandingan Malaysia vs Indonesia di Stadion Bukti Jalil, Selasa (19/11/2019), jadi sorotan media di sana.

Salah satu media di Malaysia, Vocketfc, menurunkan pemberitaan soal alasan pengganti Simon McMenemy itu menggunakan bahasa Indonesia untuk menjawab pertanyaan dari awak media.

“Pelatih sementara timnas Indonesia, Yeyen Tumena, enggan menggunakan bahasa Inggris ketika menjalani konferensi pers menjelang pertandingan melawan Timnas Malaysia. Selama sesi tersebut, ia berbahasa Indonesia.” tulis Vocketfc seperti dikutip Football5Star.com.

pssi.org

Mengenai hal tersebut, Yeyen punya alasan kuat. Menurutnya, tidak ada keharusan untuk menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia di sesi jumpa pers jelang dan setelah pertandingan.

“Sesuai peraturan negara saya, saya harus berbicara menggunakan bahasa Indonesia. Jadi, saya akan jawab dengan bahasa saya,” kata Yeyen Tumena.

Dalam sesi jumpa pres tersebut, Yeyen juga mengungkapkan bahwa timnas Indonesia siap untuk menghadapi Malaysia.

“Kami sudah punya cukup waktu untuk persiapan karena bisa datang lebih awal. Lalu melihat pertandingan Malaysia dengan Thailand. Sehingga kami tahu seperti apa nanti menghadapi Malaysia,” imbuhnya.

Yeyen Tumena mengambil alih kendali timnas Indonesia setelah terjadi peselisihan antara Simon McMenemy dan PSSI. Pelatih asal Skotlandia itu dikabarkan ngambek dan tak mau mendampingi Andritany Ardhiyasa dkk. setelah kontraknya diputus sepihak oleh PSSI.

Comments
Loading...