Bakambu Secara Resmi Tinggalkan Villarreal Dan Pindah Ke China

Football5star.com, Indonesia – Villarreal memberikan konfirmasi pada Kamis (18/1/2018) bahwa striker Cedric Bakambu sudah meninggalkan klub berjulukan Kapal Selam Kuning tersebut. Pemain internasional Kongo ini memutuskan untuk bergabung dengan klub China, Beijing Guoan.

Mantan pemain Bursaspor ini meninggalkan klub Liga Spanyol tersebut setelah ditebus dengan harga 37 juta euro (sekitar Rp 603,591 miliar). Biaya tersebut belum termasuk pajak sehingga Beijing bakal mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi, bahkan dua kali lipat.

Dengan dana transfer tersebut (termasuk pajak), Bakambu kini memecahkan rekor sebagai pemain Afrika paling mahal dalam sejarah sepak bola di benua tersebut. Dia mengalahkan rekor transfer Mohamed Salah yang ditebus 42 juta poundsterling saat Liverpool memboyongnya dari AS Roma pada Juli 2017.

Bakambu bergabung dengan Villarreal dari klub Turki, Bursaspor, pada Agustus 2015. Selama berkostum The Yellow Submarine, Bakambu sudah mengoleksi total 47 gol dan membuat enam assist dari total 105 penampilan di semua kompetisi. Jumlah tersebut termasuk sembilan gol dari 15 pertandingan Liga Spanyol musim 2017-2018.

Villarreal sudah memiliki pengganti Bakambu di Estadio de la Ceramica (dulu El Madrigal) dalam diri Roger Martinez. Penyerang berusia 23 tahun asal Kolombia tersebut bergabung dengan status pinjaman dari klub Liga Super China, Jiangsu Suning, pada 7 Januari 2018.

Selain itu, penyerang berusia 20 tahun asal Turki, Enes Unal, sudah kembali bergabung dengan Villarreal. Musim lalu dia dipinjamkan ke Levante.

Bakambu lahir di Prancis pada 11 April 1991 dan memulai karier profesional bersama klub Sochaux pada Juli 2010. Empat musim bersama klub lokal tersebut, dia pindah ke Bursaspor pada September 2014 dan hanya semusim di sana karena dibeli Villarreal.

Meskipun lahir di Prancis dan sempat bermain untuk timnas Prancis U-21, Bakambu memilih untuk memperkuat tim nasional Kongo. Dia melakukan debutnya bersama negara tersebut pada 9 Juni 2015 dan hingga kini sudah terlibat dalam 16 pertandingan internasional dengan kontribusi tujuh gol.

Comments
Loading...