Banding Blatter-Platini Ditolak FIFA

Dua petinggi FIFA, Sepp Blatter dan Michel Platini, dipastikan masih harus menjalani skorsing 90 hari, setelah banding yang keduanya ajukan ditolak.

Blatter, Platini, dan sekjen FIFA Jerome Valcke, dijatuhi skorsing 90 hari oleh Komite Etik FIFA pada awal bulan lalu. Hukuman ini membuat ketiganya tidak  bisa terlibat dalam segala aktivitas sepakbola selama periode hukuman tersebut.

Hukuman itu diberikan menyusul investigasi yang dilakukan kepada ketiganya terkait kasus korupsi dan suap yang mencuat di FIFA beberapa waktu lalu. Salah satu berkas penyelidikannya adalah pembayaran senilai nyaris 2 juta euro dari Blatter kepada Platini pada 2011 lalu.

Blatter dan Platini merasa tak bersalah dan lantas mengajukan banding. Akan tetapi, banding mereka ditolak oleh Komite Banding FIFA yang diketuai oleh Larry Mussenden.

Blatter dan Platini yang tak puas dengan penolakan itu kemudian akan mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga Internasional (CAS).

“Presiden Blatter berkomitmen untuk membersihkan namanya dan berharap penundaan yang tak dapat dijelaskan ini bukanlah usaha untuk menghalangi dia, dalam masa jabatannya, untuk mendapatkan sidang yang adil di hadapan majelis yang netral,” ujar pengacara Blatter, Richard Cullen, seperti diwartakan Sky Sports.

Sementara itu, pihak Platini akan menghubungi CAS pada hari Jumat (20/11) dan lebih percaya kepada pengadilan tersebut daripada kepada FIFA. Akibat skorsing tersebut, Platini ditepikan sementara dari pencalonan presiden FIFA.

“Untuk pertama kalinya sejak dia (Platini) dihukum, dia tahu bahwa dia akan diperlakukan dengan cara yang benar-benar independen dan adil,” kata pengacara Platini, Thibaud d’Ales.

Comments
Loading...