Banding Ditolak, Platini Kecam FIFA

Mantan presiden UEFA, Michel Platini, mengecam keras sanksi larangan beraktivitas di dunia sepak bola selama enam tahun yang diberikan oleh FIFA.

Sejatinya, Platini dan mantan presiden FIFA, Sepp Blatter, dihukum selama delapan tahun. Namun, kendati banding mereka ditolak, hukuman mereka dikurangi menjadi enam tahun atas dasar sumbangsih mereka terhadap sepak bola selama ini.

Platini dan Blatter sama-sama disanksi pada bulan Desember 2015 silam setelah mereka diklaim membuat kesepakatan verbal agar FIFA membayar biaya tambahan sebesar 1,3 juta Poundsterling untuk Platini ketika bekerja sebagai penasihat Blatter pada tahun 1999 hingga 2002.

Platini merasa bahwa dirinya telah menjadi korban konspirasi untuk menghalangi dirinya maju sebagai kandidat pemilihan presiden FIFA.

“Ini adalah keputusan yang menghina, memalukan, dan pelanggaran hak. Saya adalah korban dari sistem yang memiliki satu tujuan utama, yakni untuk menghalangi saya maju dalam pemilihan. Mereka ingin melindungi beberapa kepentingan yang ingin saya pertanyakan,” keluh pria asal Prancis tersebut seperti yang dikutip oleh Sky Sports.

“Saya akan berjuang untuk membuktikan bahwa saya tidak bersalah. Saya ingin kembali mendapatkan hak saya dan mengungkap siapa saja yang bertanggung jawab atas kasus ini.”

“Jika ketidakadilan ini menguntungan beberapa pihak tertentu, maka ini bisa disebut sebagai sebuah skandal,” tambah dirinya.

Sebagai informasi tambahan, Platini dan Blatter mengaku siap untuk mengajukan banding kepada Pengadilan Arbitrasi Olahraga, CAS.

Comments
Loading...