Banding Ditolak, Hukuman Blatter dan Platini Dikurangi

Banding Sepp Blatter dan Michel Platini untuk mengugurkan hukuman 8 tahun berkiprah di sepakbola ditolak. Tapi, hukuman keduanya dikurangi menjadi enam tahun.

Menyusul keterlibatan dalam kasus korupsi di FIFA dan beberapa penyelewengan lainnya, Blatter (Presiden FIFA) serta Platini (Presiden UEFA) dijatuhi hukuman larangan terlibat dalam aktivitas sepakbola selama delapan tahun.

Tak merasa bersalah, Blatter dan Platini melakukan banding ke segala tingkat namun ditolak. Tapi mengingat kinerja Blatter dan Platini selama ini di organisasi yang mereka pimpin serta sumbangsihnya untuk sepak bola, keduanya lantas mendapat pengurangan sanksi. Ini diputuskan dalam sebuah rapat dengar pendapat di markas besar FIFA di Zurich.

Dengar pendapat itu dilakukan dalam rangka persiapan menuju pemilihan presiden baru yang dilangsungkan di Kongres Luar Biasa FIFA. Dari sana, diputuskan hukuman Blatter dan Platini dikurangi dua tahun, dari sepuluh tahun hingga menjadi delapan tahun. Meski begitu, denda 50 ribu dan 80 ribu Swiss Francs untuk Blatter dan Platini tidak berubah sama sekali.

“Sementara menyepakati prinsip-prinsip dan pendapat-pendapat yang disajikan di Adjudicatory Chamber dalam perhitungannya terhadap sanksi, Komite Banding memutuskan bahwa sejumlah faktor kuat yang meringankan untuk Mr. Platini dan Mr. Blatter tidak dipertimbangkan ketika menetapkan sanksi,” ungkap pernyataan Komite Banding FIFA seperti dikutip Soccerway.

“Dalam hal ini, Komite Banding antara lain mempertimbangkan bahwa aktivitas dan jasa mereka yang telah diberikan ke FIFA, UEFA, dan sepak bola secara umum selama bertahun-tahun sepatutnya layak diakui sebagai faktor yang meringankan.”

Comments
Loading...