Banyak Akun yang Tak Datang, Ini Reaksi Komdis PSSI

Football5star.com, Indonesia – Pada Kamis, 27 Desember 2018 yang lalu, PSSI mengundang 25 akun media sosial yang dibagi dalam dua tahap. Pada 29 Desember, Komdis PSSI memanggil 13 akun yang ternyata hanya satu orang yang datang, yakni Muhammad Ilham dengan akun Twitter @MixedZoneClub. Menurut Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, mereka tak bisa bertindak lebih jauh terkait dengan banyaknya akun yang tak memenuhi panggilan.

“Tidak. Kami tidak ada kewenangan untuk memaksa. Di Kode Disiplin kan Komdis itu bekerja berdasarkan Kode Disiplin yang ada. Di sana disebutkan kewenangan kami sejauh mana. Kita tidak ada kewenangan untuk memaksa,” ungkap Asep Edwin, Ketua Komisi Disiplin PSSI kepada teman-teman media pada Sabtu (29/12) sore.

Menurut Komdis PSSI, kewenangan mereka hanya memanggil siapa pun yang terkait dengan football family. Namun mereka tidak bisa memaksa mereka untuk datang dan memenuhi panggilan.

Satgas Anti Mafia Bola telah menetapkan Dwi Irianto alias Mbah Putih terkait kasus pengaturan skor. Menurut pengakuan dari Komdis PSSI, penangkapan itu tak membuat kinerja mereka bermasalah - Football5star - Alief Maulana
Pribadi

“Sebenarnya tidak hanya akun,pemain atau yang lain yang masih dalam football family kalau dipanggil dan tidak hadir berarti mereka telah melepaskan haknya untuk didengar. Semuanya karena kita telah memberikan tiga kesempatan untuk dipangggil (oleh Komdis) atau untuk kepentingan apapun, (ketika mereka tidak datang) berarti hak untuk didengar keterangannya sudah hilang,” tambahnya.

PSSI memanggil beberapa akun media sosial untuk meminta informasi mengenai adanya tindakan pengaturan skor yang diketahui oleh publik. Awalnya, Joko Driyono sempat menyebutkan bila ada akun media sosial yang tidak datang ketika dipanggil, maka mereka akan melaporkan ke pihak terkait.

Menurut pengakuan dari Ketua Komdis PSSI, mereka tidak ada kewenangan untuk memaksa. “Ini bukan ranahnya Komdis. Kalau kita kan cuma melihat ada atau tidak informasi yang bisa kita manfaatkan.”

Comments
Loading...