Banyak Laga Ditunda, Liga 1 2019 Bakal Ubah Format?

Football5Star.com – Banyaknya pertandingan yang ditunda membuat kabar Liga 1 2019 bakal berubah format. Andai benar-benar diubah, Arema FC bakal jadi klub terdepan yang menolak wacana tersebut.

Seperti diketahui sejak akhir September izin keamanan pertandingan untuk partai Liga 1 memang agak sulit. Hal itu karena situasi keamanan nasional memang tak ditampik tengah panas akhir-akhir ini.

Apalagi, banyak agenda sepanjang Oktober. Mulai dari pelantikan anggota DPR RI, hingga Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. Hal itu berdampak kepada izin keamanan pertandingan.

PT Liga Indonesia Baru jelas harus memutar otak untuk hal itu. Apalagi, Liga 1 harus selesai pada Desember mendatang. Setidaknya ada lima partai yang ditunda pada rentang September hingga Oktober.

Bahkan dari 18 tim, yang sudah bermain 22 kali baru 6 di antaranya saja, yakni Madura United, Tira-Persikabo, PSS Sleman, Bhayangkara FC, Badak Lampung FC, dan Barito Putera. Sedangkan, Liga 1 sendiri harus sudah selesai pada Desember agar bisa mendaftarkan diri ke ajang AFC.

Sylvano Comvalius Yakin Arema FC Terus di Papan Atas

Andai ada usulan Liga 1 diubah format, Arema FC sendiri akan menolak dengan tegas. Bukan cuma Arema, banyak klub jelas akan menolaknya dengan tegas.

“Kalau format diubah, saya yakin yang kecewa bukan cuma Arema, pasti tim-tim papan atas akan menolak, terutama Bali United. Arema juga pernah mengalami hal itu pada musim 2014,” ungkap GM Arema FC, Ruddy Widodo, dikutip Wearemania.

LIB sendiri dalam waktu dekat akan bertemu dengan para klub-klub untuk mendiskusikan masalah penundaan jadwal pertandingan. Ruddy sendiri menyebut tak masalah andai jadwal diundur lagi asal jaraknya ideal.

“Kami tidak masalah seandainya jadwal mundur lagi, asal jarak antar-pertandingan masih sesuai dengan standar recovery pemain yang ideal. Jangan sampai setelah bermain Senin, lalu Rabu bermain lagi,” tutup dia.

Comments
Loading...