Barcelona Diusik Ketergantungan Kepada Messi

Banner Footbal Live Star-Football5star

Football5star.com, Indonesia – Barcelona tengah mengalami krisis kecil. Hasil imbang 1-1 dengan Athletic Bilbao, Sabtu (29/9/2018), membuat mereka tak menang dalam tiga laga beruntun. Itu kali pertama bagi El Barca dalam tiga tahun terakhir. Hasil itu pun menimbulkan keresahan terkait ketergantungan mereka terhadap sosok Lionel Messi.

Pada laga di Camp Nou itu, Lionel Messi tak dimainkan sejak awal oleh entrenador Ernesto Valverde. Dia baru masuk pada menit ke-55 menggantikan Arturo Vidal. Tanpa La Pulga, trisula Barcelona di depan diisi Luis Suarez, Philippe Coutinho, dan Ousmane Dembele. La Pulga akhirnya berandil dalam menyamakan skor lewat assist bagi Munir El Haddadi.

Barcelona tampil beda saat dengan dan tanpa Lionel Messi. (football5star.com - elpais.com)
elpais.com

Bek kiri Jordi Alba mengakui ketergantungan terhadap Lionel Messi jadi masalah besar di Barcelona. “Tentu saja, Leo memberi kami nilai lebih. Saat dia ada di lapangan, kami menciptakan lebih banyak peluang dan bermain lebih baik,” terang dia seperti dikutip Football5Star.com dari Diario Sport.

“Kupikir kami punya skuat yang akan tetap bisa menang tanpa dia. Namun, kenyataannya, kami jauh lebih baik bersama dia dan kami ingin dia bermain setiap saat,” tambah Alba.

Mengenai hal tersebut, Suarez mengaku resah. Dia menilai itu sebagai bahaya laten yang seharusnya tak ada di Barcelona. Ketergantungan terhadap seorang pemain adalah hal aneh bagi El Barca.

“Sangat jelas bahwa, terlepas dari memiliki pemain terbaik di dunia, kami tak bisa bergantung kepada Leo untuk menyelesaikan semuanya. Ada banyak di antara kami yang telah membuktikan diri punya oeran besar di klub lain. Jadi, tidak seharusnya bergantung pada kehadiran Leo dan Busi (Sergio Busquets). Kami seharusnya memastikan kemenangan sebelum mereka masuk,” urai Suarez.

Lionel Messi Tak Ingin Terlalu Diandalkan

Laga lawan Athletic Bilbao menunjukkan ketergantungan Barcelona kepada Lionel Messi.
elpais.com

Lionel Messi pun mengatakan hal serupa. “Kami memiliki skuat dan pemain-pemain untuk jadi sebuah tim yang besar dan kuat dan tidak bergantung kepada seseorang. Ini adalah Barca. Kami punya cukup pemain untuk tak bergantung pada seseorang,” tandas dia.

Entrenador Ernesto Valverde bukannya tak tahu soal ketergantungan Barcelona kepada Lionel Messi. Namun, jadwal padat membuat dia merasa perlu mengistirahatkan La Pulga dan Busquets.

“Itu tanggung jawab saya. Saya melihat laga-laga yang harus kami lakoni, empat dalam sepuluh hari. Saya berpikir apa yang akan terjadi dan memutuskan bahwa Lionel Messi dan Busquets butuh istirahat. Itu karena kami akan menjalani laga besar (melawan Tottenham Hotspur di Liga Champions) pada rabu dan kami punya skuat besar,” jelas Valverde.

Setelah hasil imbang di kandang sendiri saat menjamu Bilbao, patut dinantikan apakah Valverde akan kembali memberikan waktu istirahat kepada Lionel Messi atau tidak pada pekan-pekan ke depan. Musim lalu, La Pulga baru diistirahatkan ketika LaLiga memasuki pekan-pekan terakhir. Itu pun hanya dua kali dia absen di LaLiga. Salah satunya saat sang istri melahirkan.

Comments
Loading...