“Barcelona ke Premier League Adalah Pernikahan Impian”

Football5star.com, Indonesia – Profesor olahraga Simon Chadwick mengklaim bahwa Barcelona tidak akan pindah ke Premier League. Menurutnya, kemungkinan terbesar adalah Barcelona akan tetap bermain di La Liga untuk jangka pendek.

Hasil referendum kemerdekaan Katalan yang dilakukan pada akhir pekan lalu (1/10/2017) menunjukkan sebanyak 90% pemilih ingin berpisah dari Spanyol. Kendati pemerintah Spanyol enggan mengakui hasil tersebut secara resmi, rumor kepergian Barcelona dari La Liga tetap berhembus kencang.

Salah satu liga yang diprediksi kuat bakal menjadi pelabuhan baru bagi Barcelona adalah Premier League.

Chadwick mengakui bahwa kepindahan Barca ke Premier League adalah hal yang menguntungkan secara finansial, tetapi ia pesimistis hal itu akan terealisasi.

“Secara komersial dan finansial, ini seperti pernikahan impian. Bagaimanapun, kemungkinan besar hal ini tidak akan terjadi karena proses kepindahan akan sangat kompleks,” ucap Chadwick seperti yang dikutip Express.

“Seluruh debat ini masih sangat prematur. Perpisahan antara Barcelona dengan sepak bola Spanyol membutuhkan negosiasi yang amat rumit sebelum bisa terealisasi,” tutur dirinya.

Pria yang bekerja di Universitas Salford itu bahkan pesimistis Blaugrana berani melepaskan diri dari Spanyol. Ia mengingatkan bahwa mereka kemungkinan tidak bisa bermain di Liga Champions jika Katalan belum diakui PBB sebagai sebuah negara dan belum diterima UEFA sebagai anggota.

“Kekuatan politik yang dimiliki Katalan memang menarik, tetapi godaan pemasukan yang bisa didapatkan dari dunia secara global berpotensi besar mempengaruhi idealisme lokal,” kata Chadwick.

Comments
Loading...