Wacana Barcelona Keluar Dari La Liga Kembali Mencuat

Football5star.com, Indonesia – Wacana Barcelona untuk keluar dari La Liga kembali mencuat. Menyusul referendum yang baru saja diadakan di wilayah Catalonia, akhir pekan lalu. Jika nanti wilayah otonomi tersebut benat-benar memisahkan diri dari Spanyol, hal ini tentu berimbas kepada industri sepak bola di sana, tidak terkecuali bagi dua kontestan La Liga, FC Barcelona dan RCD Espanyol.

Pihak dari Barcelona sepertinya sudah memikirkan langkah-langkah konkret jika kemerdekaan tersebut dicapai. Salah satunya adalah dengan mempertimbangkan keluar dari kompetisi yang selama ini membesarkan nama mereka. Hal tersebut disampaikan langsung oleh presiden klub, Josep Maria Bartomeu.

“Hal ini (memisahkan diri) memang belum terjadi sekarang. Namun, tidak ada salahnya untuk mulai menyusun strategi atas apa yang terjadi di masa depan. Ini yang akan dibahas oleh jajaran direksi. Kami akan menganalisa berbagai kemungkinan dengan cermat,” ungkap Bartomeu.

“Jika kami fokus membahas wacana ini secara intens, maka kami akan mendapatkan solusi terbaik untuk mengatasi masalah yang bisa saja terjadi. Jika benar-benar terjadi, maka kami akan melakuka hal-hal yang sudah disepakati,” lanjutnya.

Isu Barcelona yang menarik diri dari kompetisi tertinggi di Spanyol tersebut bukan kali ini saja bergulir. Hubungan yang kurang mesra antara pusat pemerintahan di Madrid (Castilla) dan Catalonia menjadi satu-satunya faktor yang patut dipertimbangkan. Kedua wilayah ini tadinya merupakan dua wilayah terpisah yang kemudian disatukan di bawah bendera Kerajaan Spanyol.

Hingga memasuki era modern di bawah konstitusi demokratik, hubungan keduanya bagai api dalam sekam. Terlebih, tampuk pemerintahan yang dikuasai kubu Castilla, membuat pihak Catalan sering merasa cemburu dan ingin memisahkan diri.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More