Barcelona Tak Pernah Kalah dari Wakil Jerman di Perempat Final

Football5Star.com, Indonesia – Barcelona memang tak punya performa sebaik Bayern Munich jelang laga perempat final Liga Champions, Sabtu (15/8/2020) dini hari WIB. Namun, El Barca punya satu modal apik. Mereka tak pernah disingkirkan wakil Jerman pada babak perempat final ajang ini.

Laga lawan Bayern Munich di Stadion da Luz adalah perempat final ke-22 yang dijalani Barcelona pada pentas Liga Champions. Pada 21 kesempatan terdahulu, hanya 7 kali El Barca tersingkir. Dari 7 tim yang mengalahkan mereka, tak satu pun yang berasal dari Jerman.

Sepanjang sejarah, Barcelona telah dua kali menghadapi klub Jerman pada perempat final Liga Champions. Hal itu dilakoni secara beruntun pada musim 2007-08 dan 2008-09. Pada dua musim beruntun itu, El Barca menghadapi FC Schalke 04 dan Bayern Munich.

Barcelona melawan FC Schalke 04 pada perempat final Liga Champions 2007-08.
Getty Images

Pada perempat final musim 2007-08, Barcelona menyingkirkan Schalke dengan agregat 2-0. Dalam dua laga, El Barca selalu mendulang kemenangan 1-0. Bojan Krkic jadi pahlawan pada leg I di kandang lawan, sedangkan Yaya Toure mencetak satu-satunya gol pada leg II di Camp Nou.

Musim berikutnya, giliran Bayern yang disingkirkan Barcelona. Kali ini, mereka melenggang ke semifinal Liga Champions dengan keunggulan agregat 5-1. Di kandang sendiri, El Barca berpesta 4-0. Lionel Messi mencetak brace pada laga itu. Adapun leg II di Munich berakhir 1-1.

Anomali Bayer Leverkusen

Pada semua ajang antarklub Eropa, Barcelona sebetulnya telah melakoni empat laga perempat final melawan wakil Jerman. Selain dua kali pada pentas Liga Champions, mereka sekali menghadapi klub Jerman pada perempat final Piala Winners dan Piala UEFA.

Dari dua kesempatan lain, hanya sekali El Barca harus tumbang dan tersisih. Itu terjadi pada perempat final Piala UEFA 1987-88. Mereka tersisih dengan agregat 0-1. Pedihnya, kekalahan 0-1 dialami pada leg II di Camp Nou. gawang Gerardo Garcia Leon dijebol Tita pada menit ke-59.

Adapun satu perempat final lain yang mempertemukan Barcelona dengan wakil Jerman terjadi pada Piala Winners 1981-82. El Barca lolos ke semifinal setelah menang 3-0 pada leg I dan hanya kalah 1-2 pada leg II atas Lokomotive Leipzig.

Dari tiga kesempatan terdahulu melewati adangan wakil Jerman pada perempat final antarklub Eropa, Barcelona dua kali menjadi juara. Mereka menjadi kampiun Piala Winners 1981-82 dan Liga Champions 2008-09.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More