Barcelona Tampil Buruk, Ernesto Valverde Dibela Arsene Wenger

Football5Star.com, Indonesia – Barcelona menunjukkan performa kurang bagus musim ini. Rabu (6/11/2019) dini hari WIB, El Barca ditahan 0-0 oleh Slavia Praha pada matchday IV Liga Champions. Sebelumnya, anak-anak asuh Ernesto Valverde kalah 1-3 dari Levante. Di mata Arsene Wenger, hal itu bukan tanggung jawab sang pelatih.

Seiring performa yang tak apik musim ini, Ernesto Valverde terus mendapatkan tekanan. Para fan Barcelona mulai meragukan kapasitasnya menangani Lionel Messi dkk. Hal itu dimaklumi Arsene Wenger. Namun, dia menilai kesalahan bukan semata-mata milik sang pelatih.

“Pada akhirnya, selalu pelatih yang bersalah. Dia tak selalu harus bertanggung jawab,” kata Arsene Wenger soal Ernesto Valverde seperti dikutip Football5Star.com dari BeIN Sports. “Ada perbedaan antara bersalah dan bertanggung jawab. Anda tahu?”

Eks manajer Arsenal itu mengungkapkan, “Seperti kita katakan, Valverde tidak membuat putusan siapa (pemain) yang datang. Dia hanya harus melakukan yang terbaik dengan yang dimilikinya. Jadi, apa yang kita bicarakan menimbulkan banyak pertanyaan. Siapa yang punya kata akhir ketika membeli pemain? Kedua, apakah ini pemain yang benar-benar dibutuhkan oleh tim?”

Arsene Wenger lantas menunjuk kehilangan Xavi Hernandez dan Andres Iniesta yang seperti tak dapat dikompensasi oleh Barcelona. Menurut dia, itu contoh nyata masalah yang terkait perekrutan pemain. Atas dasar itu, salah besar bila hanya Ernesto Valverde yang diminta bertanggung jawab atas performa buruk El Barca.

Comments
Loading...