Barito Putera vs Persebaya: Tuan Rumah Perpanjang Napas

Football5star.com, Indonesia – Barito Putera berhasil memperpanjang napasnya untuk bisa keluar dari zona degradasi Liga 1 setelah mengalahkan Persebaya Surabaya pada Sabtu (28/9). Laga Barito Putera vs Persebaya berakhir dengan skor tipis, 1-0 untuk tim tuan rumah.

Tampil sebagai tim unggulan, Persebaya langsung mengambil inisiatif serangan di awal-awal pertandingan. Barito Putera pun dipaksa bertahan sambil sesekali keluar menyerang lewat skema serangan balik cepat.

Kuartet Irfan Jaya, David da Silva, Oktafianus Fernando dan Diogo Campos memang sempat beberapa kali memberikan ancaman ke gawang Muhammad Riyandi. Tak hanya itu, pergerakan dari keempat pemain itu juga berhasil memporakporandakan lini belakang tim tuan rumah.

Namun, Persebaya gagal mencetak gol meskipun terus menyerang sepanjang babak pertama. Barito Putera juga gagal mencetak gol karena dipaksa bermain bertahan.

Di babak kedua, Persebaya kembali mengambil inisiatif serangan. Namun, permainan disiplin dari lini belakang Barito Putera berhasil membuat David da Silva dkk gigit jari.

Di pertengahan babak kedua, tim tuan rumah baru berani keluar menyerang. Pada menit ke-63, mereka sempat mendapaktan peluang emas. Namun, sundulan Kosuke Uchida masih melenceng tipis dari gawang Miswar Saputra.

Usaha keras dari tim tuan rumah akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-67. Berawal dari umpan Rizky Pora dari sisi kiri pertahanan Persebaya, Rafael Silva yang tak terkawal berhasil menyundul bola dan membawa Barito Putera unggul.

Tertinggal, Persebaya kembali keluar menyerang. Pada menit ke-73, mereka sempat mendapatkan peluang emas. Namun, sundulan David da Silva yang menerima umpan Abu Rizal Maulana masih melenceng dari gawang Barito Putera.

Persebaya pun gagal mencetak gol penyama kedudukan di penghujung pertandingan. Hasil pertandingan Barito Putera vs Persebaya ini membuat Laskar Antasari berhasil keluar dari posisi juru kunci. Mereka saat ini hanya tertinggal satu poin dari Persela Lamongan yang ada di zona aman.

SUSUNAN PEMAIN BARITO PUTERA VS PERSEBAYA:

Barito Putera: 16-Muhammad Riyandi; 89-Cássio de Jesus, 55-Dandi Maulana, 5-Roni Beroperay; 13-Bayu Pradana, 6-Evan Dimas (8-Sackie Doe 82′), 18-Gavin Kwan, 7-Kosuke Yamazaki; 26-Rizky Pora (Ady Setiawan 90′), 30-Wesley Torres, 10-Rafael Silva (9-Samsul Arif 78′)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Persebaya: 33-Miswar Saputra; 22-Abu Rizal Maulana (6-Misbakus Solikin 84′), 5-Otavio Dutra, 23-Hansamu Yama, 14-Ruben Sanadi; 96-Muhammad Hidayat, 28-Aryn Williams, 90-Diogo Campos; 8-Oktafianus Fernando, 7-David da Silva, 41-Irfan Jaya (12-Rendi Irwan 74′)

Pelatih: Bejo Sugiantoro

Kartu Kuning: David 60′, Ruben 66′, Campos 72′