Bartomeu Serang Balik Xavi Perihal La Masia

Football5Star.com, Indonesia – Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu tak terima atas kritik yang disampaikan Xavi Hernandez pekan lalu, terutama terkait kemadulan La Masia. Menurut dia, justru Xavi dan angkatannya yang memblokade jalan anak-anak akademi ke tim utama.

“Masalahnya ada pada diri Xavi, (Andres) Iniesta, (Gerard) Pique, Neymar, (Sergio) Busquet, dan Lionel Messi. Banyak pemain La Masia yang kesulitan menembus tim utama karena kehadiran mereka,” ujar Bartomeu dalam wawancara dengan The New York Times seperti dilansir Marca, Minggu (30/7/2017).

“Xavi mengatakan, La Masia tidak memiliki tempat di Barcelona. Namun, ia harus tahu, masalahnya ada pada dirinya sendiri. Ia yang menciptakan masalah bersama Iniesta dan Pique,” sambung Bartomeu.

Pekan lalu, Xavi sempat mengemukakan kritik terhadap kebijakan transfer Barcelona. Menurut dia, klub kini tak lagi memberikan perhatian besar kepada para pemain dari akademi La Masia. Dasarnya, kian jarang orbitan dari akademi yang masuk ke tim utama Blaugrana.

Hal yang membuat Xavi prihatin, para pemain jebolan La Masia dengan kemampuan apik justru dilepas. Sudah begitu, mereka yang dilepas itu lantas mengemuka. Sebut saja Thiago Alcantara di bayern Munich dan Marc Bartra di Borussia Dortmund. Bahkan, Mounir El Haddadi yang jadi fenomena dan langsung diamankan oleh timnas Spanyol juga gagal menembus tim utama.

Meskipun pada dasarnya menyerang balik sang mantan pemain, pernyataan Bartomeu bisa saja diartikan lain. Itu bisa diinterpretasikan bahwa Bartomeu tak akan menghalang-halangi bila ada pemain senior yang meminta pergi. (Wanda)