Baru 9 Laga, Mantan Pelatih Milan Sudah Dipecat Klub Cina

Baru sembilan pertandingan menggantikan Gregorio Manzano, mantan pelatih AC Milan, Alberto Zaccheroni, sudah mengalami pemecatan di klub Chinese Super League, Beijing Guoan.

Pemecatan tersebut cukup mengejutkan. Akan tetapi, hasil yang ditorehkan timnya memang tak seperti diharapkan. Dari sembilan laga tersebut, Beijing hanya mendulang sembilan angka. Bahkan, dalam tujuh laga beruntun tanpa kemenangan.

Manajemen Beijing Guoan kehilangan kesabaran setelah pada Kamis (19/5) menderita kekalahan 0-2 dari klub promosi Hebei China Fortune FC di depan pendukung sendiri, Workers Stadium.

Bagi mereka, itu menjadi kekalahan ke-4 di Chinese Super League musim ini. Kekalahan itu memaksa Beijing terpuruk di posisi ke-10.

Zaccheroni sendiri diangkat menjadi pelatih Beijing pada Januari lalu. Dia sebetulnya dikontrak selama dua tahun dan menggantikan Manzano.

Selama kariernya, Zaccheroni pernah menukangi Milan dan mengantarkan klub tersebut meraih Scudetto pada 1998-99. Di level timnas, dia mengantarkan Jepang tampil di Piala Dunia 2014.

Zaccheroni mengaku kecewa lantaran dia merasa sanggup mengangkat performa tim. Tapi, itu urung terjadi lantaran telah dilengserkan terlebih dulu.

“Saya kaget dengan keputusan yang cepat ini. Tapi, saya menghormatinya. Semoga klub ini bisa segera bangkit,” ucap Zaccheroni kepada Yibada.com.

Pemecatan Zaccheroni mengindikasikan bahwa sepak bola Cina yang tengah naik daun tak peduli nama besar pelatih. Ketika gagal memenuhi ekspektasi klub dan fans, siap-siap saja dipecat dari kursi pelatih.

AC MilanAlberto ZaccheroniBeijing Guoan